Tata Cara Shalat Sunat Istikharah yang Benar Lengkap Bacaan Niat dan Doanya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Shalat Sunat Istikharah Yang Benar Lengkap Bacaan Niat dan Doanya - Kita sebagai manusia biasa, kadang kala di hadapkan dengan rasa keraguan dalam menentukan suatu pilihan, baik itu yang bersipat pribadi atau yang lainnya, seperti keraguan dalam menentukan suatu pekerjaan, berdagang bahkan dalam menentukan jodoh(pasangan hidup).

Dalam ketidaktahuan nya banyak diantara mereka yang salah kaprah seperti datang kedukun, mempercayai suatu tempat bahkan suatu benda sehingga mereka terjerumus dalam kemusrikan kepada allah swt. Padahal rusululloh saw telah memberikan tuntunan kepeda kita sebagai umatnya dengan cara shalat dua rakaat selain shalat fardlu yang di sebut juga dengan shalat istikharah.

Shalat istikharah adalah shalat sunat dua rakaat dengan tujuan supaya mendapatkan petunjuk dari alloh swt atas sesuatu yang masih kita ragukan.Sebzgaimana rosululoh saw mengajarkan kepada para shabat nya untuk melakukan shalat istikharah dalam segala urusan.


Tata Cara Shalat sunat Istikharah Lengkap Bacaan Niat dan Doanya


كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُ أَصْحَابَهُ الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُ السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِك وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى أَوْ قَالَ عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى قَالَ وَيُسَمِّى حَاجَتَهُ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajari para sahabatnya untuk shalat istikharah dalam setiap urusan, sebagaimana beliau mengajari surat dari Alquran. Beliau bersabda, “Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua rakaat selain shalat fardhu, kemudian hendaklah ia berdoa.

“Allahumma inni astakhiruka bi‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu, dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan, dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu, dengan kemuliaanMu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku) maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku (atau baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. Kemudian dia menyebut keinginanya” (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya).

Waktu melaksanakan shalat istikharah boleh di lakukan kapan saja, tetapi menurut para ulama lebih baik di lakukan pada sepertiga malam mungkin ini tujuan nya supaya hati kita dalam suasana tenang sehingga kita bisa melaksanakan shalat dengan khusu.

Adapun tata cara shalat istikharah sama halnya seperti shalat fardlu yang lainnya yaitu kita harus mempunyai wudhu terlebih dahulu. Yang membedakan shalat istikharah dengan yang lainnya terletak pda niatnya.

Niat shalat istikharah.

اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikharati rak'ataini lillahi ta'aala

Artinya : Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala

Ushalli sunatan istikharati rakataini lillahi ta'alaa
bacaan niat ini di hadirkan ketika kita membaca takbiratul ikhram,setelah takbiratul ikhram membaca doa iftitah,lalu membaca surat fatihah,setelah fatihah membaca sebagian surat dari alqur'an boleh surat apa saja,tetapi lebih d utamakan membaca surat al-kafiruun.Dan selanjut nya laksanakanseperti shalat biasa pada umum nya,Tetapi untuk rakaat yang kedua stelah membaca fatihah di utakan membaca surat al-ikhlas,Setelah selesai shalat lalu kita membaca doa.

Doa Shalat Istikharah.

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

Artinya : Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

Seteleh selesai baca doa kalau shalat nya di lakukan tengah malam maka sebaiknya kita langsung tidur di tempat di mana shalat di laksanakan dengan menghdap ke kiblat sebagai mana tidur nya nabi.hasil dari istikharah biasanya timbul rasa keteguhan dalam hati,atau ada juga yang melalui mimpi dengan tanda-tanda tertentu tetapi kalau masih ada rasa keraguan sebaiknya shalat istikharah di ulangi lagi terus-menerus sampai 3 atau 7 kali.

Demikianlah pembahasan kami tentang shalat istikharah niat dan doanya semoga menjadi suatu dorongan untuk kita amalkan, harapan kami semoga pembahasan kami ini bermnfaat khususnya buat para sobat pembaca semua, dari kami mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan pembahasannya.