Bacaan Niat Sholat Jenazah Perempuan Anak Anak Laki Laki Dewasa Banyak lebih Dari Satu Beserta Artinya

Advertisement
Advertisement
Sholat jenazah atau sering juga di sebut sholat mayit merupakan salah satu kesunnahan yang memiliki hukum fardhu kifayah yaitu wajib di kerjakan oleh sebagian kaum muslim terutama yang berdekatan dengan si jenazah tersebut, kalau di salah satu kampung ada yang meninggal dan sama sekali tidak ada yang menshalatkannya, maka satu kampung itu semuanya berdosa.

Namun melihat zaman sekarang banyak sekali orang-orang yang tidak peduli untuk melaksanakan shalat jenazah, meskipun itu tetangga dekatnya sendiri, karena berbagai faktor alasan, ada yang merasa takut dan banyak juga karena tidak tahu tata cara dan bacaan shalat jenazah. Makanya disini kami akan mencoba membahasnya secara lengkap, dengan harapan orang-orang tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan shalat jenazah tersebut.

Memang perlu di akui bahwa dalam pelaksanaan sholat jenazah ini agar berbeda dengan pada umumnya, jika yang lainnya sholat sunnah di kerjakan dengan adanya sujud ruku dam tasyahud akhir, maka dana menshalkan jenazah ini hanya ada empat takhbir saja yang di tutp dengan salam, sehingga setidaknya untuk pelaksanaannya memerlukan pengetahuan khusus.

Bacaan Niat Shalat Jenazah Dan Tata Caranya

Sebaiknya kalian simak pembahasannya di bawah ini, pelajari dengan baik. Karena bagaimana pun pasti shalat ini suatu saat akan kita laksanakan.


Syarat-Syarat Melaksanakan Shalat Jenazah
  • Orang yang melakukan sholat jenazah harus memenuhi syarat sahnya shalat pada umumnya. Misalnya yaitu menutup aurat, suci dari hadast, menghadap kiblat dll.
  • Jenazah yang akan dishalati harus sudah dimandikan serta dikafani
  • Jenazah diletakkan disebelah mereka yang akan menyolati, kecuali jika dilaksanakan di atas kubur atau shalat ghaib.

Posisi Bagi Imam Pada Shalat Jenazah
Dalam shalat jenazah ada aturan-aturan tertentu yang mesti di patuhi terutama bagi seorang imam, ketika seorang imam menshalati jenazah maka posisi imam harus ada di sebelah kepalanya mayit, jika mayitnya laki-laki/pria, jika mayitnya perempuan/wanita maka posisi imam harus berada di sebelah bagian tengahnya (pinggang), sebagai mana dalam sebuah hadist di katakan:

“Saya shalat di belakang Nabi sallallahu’alaihi wa sallam terhadap wanita yang meninggal karena nifasnya, kemudian beliau berdiri di tengahnya.” HR. Bukhori, 1331 dan Muslim, 964.

Tata cara Dan Bacaan Shalat Jenazah

1. Niat
Sebagaimana halnya shalat-shalat yang lainnya baik yang fardlu maupun sunat misalnya cara shalat hajat, niat merupakan suatu hal yang tidak boleh di tinggalkan karena menjadi salah satu rukun dalam setiap shalat begitu juga dalam shalat jenazah.

Niat Shalat Jenazah jika Jenazahnya Laki-Laki

Niat, Doa Dan Tata Cara Shalat Jenajah

Usholli ala hadal mayyiti arba'a takbirotin fardlu kipayatin ma'muaman lillahi taala

Jika Jenazahnya Perempuan


Bacaan Niat Shalat Jenazah dan Tata Cara Shalat Jenazah

Usolli ala hadihil mayitati arba'a takbirotin fardlu kipayatin imaman/ma'muman lillahi taala

2. Melakukan takbir yang pertama sambil di dalam hati menghadirkan niat di lanjut membaca surat fatihah

Bacaan Niat Shalat Jenazah dan Tata Cara Shalat Jenazah

3. Melakukan takbir yang kedua di lanjut membaca shalawat kepada nabi sebagai mana bacaan shalawat di dalam tahiyat shalat.

Bacaan Niat Shalat Jenazah dan Tata Cara Shalat Jenazah

4. Melakukan takbir yang ke empat di lanjut membaca doa

Niat, Doa Dan Tata Cara Shalat Jenajah

Doa ini di baca jika mayitnya laki-laki adapun untuk perempuan maka hurup (HU)di ganti menjadi (HA) jika mayitnya dua maka huruf (HU) di ganti menjadi (HUMA) jika mayitnya tiga atau lebih maka di ganti menjadi (HUM) begitu juga untuk doa pada takhbiran ke empat.

5. melakukan takbir yang ke empat di lanjut membaca doa

Niat, Doa Dan Tata Cara Shalat Jenajah

6. Salam

Demikian pembahasan kami tentang niat sholat jenazah semoga bermanfaat bigi kita semua, mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kesalahan pada tulisan dan pembahasannya. Dan juga jangan lupa untuk mengupas semua yang berkaitan dengan bacaan niat sholat jenazah perempuan anak anak laki laki dewasa banyak lebih dari satu beserta artinya shalat sesuai sunnah, tata cara, doa takbir ke 4, setelah, latin, dalam bahasa arab, beserta bacaannya memandikan, ghaib dan yang lainnya.