Tata Cara Melaksanakan Sholat Hajat Khusus Yang Benar Dan Bacaan Doa Setelah-nya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Melaksanakan Sholat Hajat Khusus Yang Benar Dan Bacaan Doa Setelah-nya - Sholat hajat adalah sholat sunah yang di kerjakan ketika seseorang mumpunyai tujuan atau hajat, baik itu yang berupa pribadi atau bersifat umum. Adapun yang di maksud tujuan atau hajat di sini ialah hajat yang di benarkan oleh syariat islam bukan hal-hal yang keluar dari aturan-aturan islam, di dalam sholat hajat banyak hal yang perlu kita perhatikan dengan baik, agar hajat kita terkobul selain dari syarat dan rukunnya tata caranya pun harus sesuai yang di ajarkan rosul karena syarat rukun dan tata cara merupakan hal yang penting dalam ibadah ini.

Sholat hajat ini mempunyai ragam rakaat mulai dari 2 rakaat sampai 12 rakaat dengan masing-masing 2 rakaat satu kali salam, sebenarnya boleh di kerjakan lebih dari itu jika kita mampu. Tetapi menurut pendapat yang shahih minimal 2 sampai 12 rakaat, adapun utuk waktu mengerjakan sholat hajat ini alangkah baiknya di kerjakan pada pertengahan malam sekitar pukul 1 sampa 03:30 dini hari (sebelum masuk waktu imsyak) tetapi jika kita ingin melaksanakan selain dari itu boleh di lakukan kapan saja asal jangan di waktu-waktu yang di larang untuk sholat.

Adapun untuk tata cara melaksanakan sholat hajat sebenarnya sama saja dengan fardhu dan sunah yang lainnya, yang membedakannya hanya terletak pada niatnya saja, pelu kita ketahui bahwa niat ini merupakan salah satu rukun dari sholat jadi tidak boleh tertinggal.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Hajat Khusus Yang Benar Dan Bacaan Doa Setelah-nya=

Tata Cara Sholat Hajat Yang Benar

Niat

Cara Melaksanakan sholat Hajat Yang Benar Dan Bacaannya

Bahasa Latin : Ussolli sunnatal haajati rak'ataini lillahi ta'aalaa
Artinya : Aku niat sholat sunat hajat dua rakaat karena alloh ta'ala

Takhbirotulikhram

Untuk takhbirotul ikhram di sunahkan sambil mengangkat kedua tangan dan jangan lupa ketika mulut membaca takhbirotulikhram maka di dalam hati membaca niat karena niat tempatnya di dalam hati.

Membaca Doa Iftitah

Bacaan doa iftitah di baca pada rakaat awal saja setelah takhbirotul ikhram, untuk rakaat kedua tidak ada bacaan doa iftitah dan hukumnya sunnah di dalam sholat jadi jika tidak di bacapun tidak membatalkan shalat.

Membaca Fatihah

Bacaan Fatihah di dalam sholat hukumnya wajib karena menjadi salah satu rukun dari sholat, sehingga tidak sah sholatnya jika tidak ada bacaan fatihah.

Membaca salah satu Surat Dari Al-Qur'an

Setelah membaca fatihah di lanjutkan membca salah satu surat dari al-qur'an, boleh surat apa saja yang kita bisa mau surat yang pendek atau surat yang panjang tetapi menurut para ulama alangkah baiknya pada rakaat awal membaca surat Al-Kafirun 3 kali dan pada rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlas 3 kali.

Dan untuk selanjutnya sama seperti sholat-sholat yang lainnya yaitu ruku sampai salam, setelah selesai melaksanakan sholat maka di lanjut membaca doa sholat hajat bisa di lihat di postingan kami sebelumnya.

Itulah pembahasan kami kali ini tentang sholat Hajat, semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita bisa mengamalkannya.