Bacaan Dzikir Doa Sebelum Dan Sesudah Bangun Tidur Lengkap Artinya

Bacaan Dzikir Doa Sebelum Dan Sesudah Bangun Tidur Lengkap Artinya - Ketika malam hari datang, rasa ngantuk akan langsung menghampiri dan mengajak setiap insan untuk pasrah di tempat tidur, apalagi jika tubuh sedang terasa lelah di akibatkan siang harinya sibuk dengan pekerjaan. Namun bagi seorang muslim, selelah apapun tidak akan lupa untuk terlebih dahulu memasrahkan diri kepada sang maha kuasa sebelum mau tidur dengan cara berdzikir dan membacakan untaian doa.

Amalan kalimat doa dan dzikir tidak hanya sebatas di bacakan menjelang mau tidur saja tetapi juga ketika bangun tidur, tujuannya berupa rasa syukur kepada sang maha pencipta yang telah menghidupkan kembali setelah mati, karena tidur di ibaratkan dari setengah kematian. Tidak sedikit manusia yang tidak bangun lagi setelah tidur, tetapi kita masih di beri kesempatan untuk bangun lagi di pagi hari.

Berdzikir atau berdoa menjelang tidur adalah amalan yang di anjurkan, sebagaimana baginda nabi mewariskan amalan sebelum tidur dengan membaca Al-Fatihah, Qulhu, Al-Falaq, dan An-Nas. Bahkan dalam sebuah riwayat hadits, rasulullah SAW pernah berkata kepada Aisyah R.A untuk tidak meninggalkan 4 hal sebelum tidur yaitu membaca al-ikhlas 3x, bershalawat kepada para nabi, beristighfar untuk kaum muslimin dan membaca tasbih.

Doa Sebelum Tidur Dan Setelah Bangun Tidur

Amalan seperti ini tentunya sangat penting terus di pelihara oleh semua umat muslim, apalagi penting di ajarkan kepada anak-anak. Jangan sampai di jaman yang serba instan ini, sunah nabi dan anjuran para ulama yang sudah di tanamkan sejak dulu malah semakin hilang. Karena tidak dapat di pungkiri bahwa jaman sekarang orang-orang lebih fokus memegang hp di tempat tidur sambil menunggu rasa ngantuk.

Doa Mau Tidur


بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ


BISMIKAL LOOHUMMA AHYAA WA AMUUTU

Artinya
: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati.

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

AL HAMDU LILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA'DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan


Nabi saw bersabda

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ قَالَ اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ وَإِذَا اسْتَيْقَظَ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

"Bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, apabila mulai berbaring di tempat tidurnya membaca: "Allaahumma Bismika Ahyaa waamuutu" (Ya Allah, dengan Nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati). Dan apabila bangun, beliau membaca: "Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur" (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan)." (Hadis Riwayat Muslim

Jangan lupa untuk membaca doa bangun tidur dan juga sebelum mau tidur, selain agar mendapatkan amalan sunnah juga agar selalu ada dalam lindungan allah swt serta di jauhkan dari gangguan jin dan syetan. Semoga dengan adanya uraian tentang bacaan dzikir doa sebelum mau dan sesudah setelah bangun tidur lengkap artinya sesuai sunnah, doabangun tidur, doa bgn tidur, doa susah tidur, doa akan tidur, menjadipengetahuan yang bisa di amalkan.