Bacaan Doa Qunut Nazilah Lengkap Sesuai Sunnah Dan Artinya

Satu di antara amalan sunnah yang harus di pelajari dengan baik hingga paham oleh setiap muslim adalah doa qunut nazilah, sangat penting untuk memahaminya karena selain amalan sunnah yang langsung di contohkan oleh baginda nabi saw, juga qunut nazilah ini memiliki manfaat sangat besar sekali, yaitu sebagaimana fungsi atau tujuan utamanya untuk mendoakan sesama umat islam yang sedang berada dalam musibah.

Setidaknya di kenal dengan tiga jenis doa qunut di dalam sholat, selain nazilah juga ada qunut subuh yang di kerjakan setiap sholat subuh dan qunut witir yang di lakukan setiap pada sholat witir sepertengah akhir bulan ramadhan. Ketiganya tersebut hanya qunut nazilah yang pelaksanaannya di karenakan ada sebab tertentu misalnya jika umat muslim yang ada di luar sana sedang di di landa musibah, teraniaya dan di perangi oleh kaum lain dan lain sebagainya.

Tata cara dari pelaksanaan dari qunut nazilah ini yaitu di kerjakan setiap sholat fardhu pada rakaat akhir, di pimpin oleh imam dan makmum mengamininya jika sholat di berjamaah kan, jika munfarid maka di baca sendiri. Bacaannya pun agak sedikit berbeda dengan bacaan doa qunut subuh dan juga witir, di mana banyak makna dalam doa qunut nazilah yang lebih mengarah untuk keselamatan bagi kaum muslim serta banyaannya pun beragam.

Qunut Nazilah Santrius

Sangat besar sekali hikmah dari doa qunut nazilah ini, selain dari bentuk ibadah sunnah dengan fahala sangat tinggi serta mencerminkan soladiritas antar kaum muslim sedunia. Di mana dengan qunut nazilah ini juga bisa memperkuat persatuan dan kesatuan umat, sebab antara satu sama lainnya merasakan apa yang sedang terjadi meski kita sendiri tidak berada di tempat tersebut dan hanya bisa membentu dengan doa saja.

Mungkin tidak semua orang faham dengan bacaan doa qunut nazilah lengkap, maka dari itu akan coba kami berikan contoh salah satunya lengkap dengan latin dan juga artinya. Doa ini harus benar-benar di hafal dengan baik agar nanti ketika tiba pada waktuya bisa langsung di amalkan bahkan lebih jauhnya lagi dapat ajarkan kepada teman-teman lain yang belum faham dengan bacaannya, berikut di bawah ini bacaannya.

Doa Qunut Nazilah

 Doa Qunut Nazilah


Allahumma inna nasta‘înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdika wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsni alaikal khaira kullahu nasykuruka wa la nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allahumma iyyaka na‘budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas‘a wa nahfid, narju rahmataka wa nakhsya adzabak, inna adzabakal jidda bil kuffari mulhaq. Allahumma adzzibil kafarata wal musyrikîn, a‘da’ad dînilladzina yashudduna ‘an sabilik, wa yukadzzibuna rusulaka wa yuqatiluna auliya’ak. Allahummaghfir lil mu’minina wal mu’minat, wal muslimina wal muslimat, al-ahya’i minhum wal amwat, innaka qaribun mujibud da‘awat. Allahumma ashlih dzata bainihim, wa allif baina qulubihim, waj‘al fi qulubihimul îmana wal hikmah, wa tsabbithum ala dînika wa rasulik, wa auzi‘hum an yufu bi‘ahdikalladzi ‘ahadtahum alaih, wanshurhum ala ‘aduwwihim wa ‘aduwwika ilahal haq, waj‘alna minhum, wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wa ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya : Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir. Tuhan kami, jatuhkan azab-Mu kepada orang-orang kafir dan musyrik, (mereka) musuh-musuh agama yang berupaya menghalangi orang lain dari jalan-Mu, mereka yang mendustakan rasul-Mu, dan mereka yang memusuhi kekasih-kekasih-Mu. Ya Allah, ampunilah hamba-hamba-Mu yang beriman laki-laki dan perempuan, kaum muslimin dan muslimat, baik yang hidup maupun yang sudah wafat. Sungguh, Engkau maha dekat dan pendengar segala munajat. Tuhanku, damaikan pertikaian di antara kaum muslimin, bulatkan hati mereka, masukkan kekuatan iman dan hikmah di qalbu mereka, tetapkan mereka di jalan nabi dan rasul-Mu, ilhami mereka untuk memenuhi perjanjian yang telah Kauikat dengan mereka, bantulah mereka mengatasi musuh mereka dan seteru-Mu. Wahai Tuhan hak, masukkanlah kami ke dalam golongan mereka itu. Semoga shalawat dan salam Allah tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.

Cukup panjang memang bacaan dari doa qunut nazilah tersebut apalagi secara lengkap harus di hafal, meskipun begitu akan sangat bermanfaat sekali jika kalian semua sudah hafal dengan baik. Banyak sekali referensi lain yang bisa menjadi sumber dalam menghafal qunut nazilah ini, maka dari itu silahkan di pelajari dengan baik semua yang masih berkaitan dengan bacaan teks doa qunut nazilah pendek lengkap untuk musibah suriah sesuai sunnah dan artinya muzammil hasballah, salim bahanan dan yang lainnya.