Tata Cara Sholat Dhuha Yang Benar Dan Bacaan Doanya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Dhuha Yang Benar Dan Bacaan Doanya - Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang di kerjakan setelah terbitnya matahari sampai menjelang datangnya waktu dzuhur, tetapi di kalangan masyarakat lebih di kenal dengan sholat untuk memohon rizki dari alloh swt, mungkin hal ini di karenakan terdapat pada sebuah hadist "Sholat Dhuha adalah sholat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur.

Sholat Dhuha lebih dikenal dengan sholat sunah untuk memohon rizki dari Allah, berdasarkan hadits Nabi, Allah berfirman : “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (Sholat Dhuha) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya" (HR : Hakim Dan Thabrani).

Adapun untuk sholat dhuha di kerjakan setiap dua rakaat satu kali salam, tetapi untuk berapa jumlahnya pada sholat dhuha terdapat perbedaan pendapat, ada yang berpendapat shalat ini di kerjakan minimal 2 rakaat, 4, 8, hingga 12 rakaat dan ada juga yang berpendapat tidak ada batasannya.

Tata Cara Sholat Dhuha Yang Benar Dan Bacaan Doanya

Untuk tata cara sholat dhuhanya bisa kalian lihat di bawah ini.

1. Niat.
Untuk niat sholat dhuha harus kita hadirkan atau di bacakan di dalam hati ketika takhbirotul ikhram tidak perlu di keraskan karena tempatnya niat yaitu dalam hati tetapi di sunatkan untuk membaca niat sebelum takhbirutul ikhram tujuannya untuk meluruskan niat ketika takhbirotul ikhram.

2. Takhbirotul ikhram
Di sini kita menghadirkan niat yaitu ketika mulut kita membaca allohhu akhbar maka di dalam hati membaca niat

3. Membaca Doa Iftitah
Membaca doa iftitah ini termasuk sunah sholat baik sholat fardlu atau sholat sunat seperti sholat dhuha jika tidak di bacapun sebenarnya tidak membatalkan sholat atau tidak perlu di ganti dengan sujud sahwi

4. Membaca Surat Fatihah
Membaca surat fatihah dalam sholat hukum nya wajib karena merupakan rukun sholat jika di tinggalkan maka sholatnya tidak sah

5. Membaca Salah Satu Surat Dari Al-Qur'an
Di dalam hal membaca surat boleh membaca surat apa saja yang kita mampu mau yang pondok ataupun yang panjang, tetapi lebih afdhal membaca surat Asy-Syamsu pada rakaat pertamaa dan untuk rakaat keduanya setelah fatihah membaca surat Adh-Dhuha.

Kemudian untuk selanjutnya Sama Seperti Sholat-sholat pada umumnya yaitu ruku sampai salam, kemudian jangan lupa setelah selesai mengerjakan sholat membaca doa, memohon kepada dzat yang maha kuasa agar kita selalu di lapangkan dan di cukupkan dalam segala hal.

Doa Setelah sholat tahajud

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Demikianlah pembahasan tentang tata cara sholat dhuha yang dapat kami sajikan semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua, dari kami mohon maaf atas segala kekurangannya.