Tuntunan Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap Jumlah Rakaat Waktu Dan Keutamaannya

Sholat sunnah dhuha adalah amalan dua rakaat atau lebih yang di kerjakan di pagi hari setelah matahari terbit hingga menjelang datangnya waktu dhuhur. Sholat dhuha ini termasuk ibdah yang memiliki keunggulan luar biasa, bahkan dalam beberapa keterangan baik dalil hadits atau yang tercantum dalam kitab-kitab para ulama, sholat sunnah ini apabila di lakukan secara rutin dan iklas selain bisa menjadi penghapus dosa juga sebagai pintu rezeki.

Di karenakan dhuha ini termasuk ibadah sunnah maka sudah pasti memiliki waktu kapan di mulainya dan akhirnya hingga jam berapa, dalam hal ini seabagimana masyhur kalangan para ulama menentukan waktu dhuha sejak mulai terbit matahari hingga menjelang datang dhuhur, adapun waktu yang lebih utama yaitu ketika matahari mulai meninggi atau sepertiga dari waktu tersebut kira-kira apabila di hiting pada jam tepatnya pukul 9 pagi hari.

Untuk permasalahan mengenai jumlah rakaat dari sholat dhuha sebagaimana yang populer di lakukan oleh kebanyakan umat islam berdasarkan pada pendapat paling masyhur yaitu bisa di kerjakan mulai 2, 4, 6, 8 hingga 12 rakaat, dengan masung-masing tiap 2 rakaat satu kali salam dan tiap awal takhbirotul ikhram di mulai dengan niat di tutup salam kedian doa sholat dhuha, dalam arti apabila mengerjakan 12 rakaat otomatis menghadirkan niat 6 kali bacaan.

Tuntunan Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap Jumlah Rakaat Waktu Dan Keutamaannya

Sedangkan untuk tata cara dalam pelaksanaan sholat dhuha secara lengkap sebenarnya tidak ada perbedaan yang begitu jauh dengan sholat pada umumnya bahkan hampir sama persis baik dari bacaan atau gerakannya yang di akhiri dengan doa sholat dhuha cuma beda dalam bacaan niat saja, bahkan tidak hanya itu saja bacaan surat setelah al-fatihah pun bebas boleh apa saja sesuai kemampuan meski memang lebih di utamakan apabila pada rakaat pertama dengan surat as-syams dan untuk keduanya Al-Lail itu pun apabila sudah hafal.

Di antara keutamaan, rahasia atau keistimewaan yang bisa di dapat dari sholat sunnah dhuha seperti di lancarkan rezeki, mendapatkan ghanimah cukup besar, pahala umrah, rumah di surga, dan ganjaran di sosre hari serta masih banyak lagi yang lainnya. Pernyataan tadi tentunya bukan tanpa sebab akan tetapi berdasarka dalil dan hadits yang mohon maaf tidak langsung bisa kami tulis pada kesempatan ini. Dan untuk bacaan doa lengkap setelah sholat dhuha bisa simak di bawah ini dengan cermat.

Untuk pembahasan lain mengenai yang berhubungan dengan tata cara sholat dhuha meliuti niat dan yang lainnya bisa anda cari langsung pada artike lain yang telah kami bahas sebelumnya. Sekarang silahkan cermati dengan baik apa yang terdapat dalam waktu keutamaan tata cara dzikir doa setelah sholat dhuha lengkap rakaat bacaan tasbih 4 yang benar berjamaah dan lain sebagainya.