Tuntunan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Tahajud Berapa Rakaat Dan Waktunya

Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang paling di favoritkan oleh kebanyak umat islam karena di yakini memiliki keajaiban atau keutamaan luar biasa melebihi ibadah sunnah lainnya. Bahkan di antara orang-orang yang sudah memahami betul bagaimana keitimewaan dari tahajud ini maka pasti tidak akan rela untuk meninggalkannya meski hanya satu kali saja, terutama bisa di perhatikan dari kalangan para ulama atau kiyai dan para santri maka mereka semua akan rutin mengerjakan tahajud bagaimana pun keadaannya.

Dasar hukum sunnah dari sholat tahajud ini sudah pasti sangat di pahami betul oleh kebanyak orang, bahkan oleh orang biasa sekali pun yaitu sebagai sunnah mua'akad lebih di anjurkan pelaksanaannya, sebab selain sering di dengar langsung dalam banyak pembicaraan juga rutin di bahas oleh para ustadz dalam berbagai ceramahnya. Apalagi menurut penuturan beberapa keterangan sholat tahajud ini langsung di contohkan oleh baginda rasul saw semasa hidupnya. Maka dari itu sudah pasti lebih di anjurkan untuk di kerjakan secara rutin sebagai amalan sunnah harian salah satu sarana agar bisa meraih cinta dan ridhanya allah swt.

Sedangkan mengenai berapa batasan jumlah rakaat dari sholat tahajud ini terjadi perbedaan pendapat yaitu minimal 2 rakaat dan menurut satu pendapat maksimal 12 dan menurut pendapat lain tidak ada batasan jumlah dari rakaat sholat tahajud. Maka dengan begitu, untuk ibadah sunnah ini bisa di kerjakan sekemampuan baik itu 4 atau bahkan lebih banyak dengan masing-masing dua rakaat satu kali salam. Jika memang bisa dengan khusu dan ikhlas alangkah lebih baik jika melakukan tahajud lebih banyak apalagi di sertai dengan witirnya.

Tuntunan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Tahajud Berapa Rakaat Dan Waktunya

Selanjutnya mengenai waktu pelaksanaan dari tahajud yaitu setelah selesai mengerjakan sholat isya hingga datangnya waktu subuh, akan tetapi sebagian ulama berpendapat lebih utama apabila pelaksanaannya di sepertiga malam. Jadi dalam hal waktu untuk sholat tahajud yaitu di malam hari tidak bisa di kerjakan siang hari atau sore bahkan pagi, akan tetapi agar bisa mengerjakan tahajud ada syarat yang harus di penuhi yaitu harus tidur terlebih dahulu meskipun hanya sebentar.

Tata cara melaksanakan sholat tahajud, sama halnya dengan yang lainnya, baik yang di fardhukan atau di sunatkan, perbedaannya hanya terletak pada waktunya saja yaitu harus di kerjakan malam hari setelah tidur, juga pada niatnya, memang selain termasuk pada rukun tetapi juga niat ini menjadi pembeda antara satu dengan yang lainnya.

Tata Cara Sholat Tahajud

Untuk tata cara sholat tahajud sebenarnya sama dengan cara mengerjakan sholat yang lainnya yaitu di awali dengan membaca niat sholat tahajud untuk niatnya seperti di bawah ini.

Usolli sunnat-tatahajudi rak'ataini lillahi ta'aala

Artinya : Aku niat sholat sunat tahajud dua rakaat karena alloh ta'ala.

  • Selanjutnya takhbirutulikhram
  • Membaca doa iftitah
  • membaca surat fatihah
  • membaca salah satu ayat dari alquran misalnya al-iklas

Kemudian untuk selanjutnya dari mulai ruku sampai membaca salam sama seperti halnya sholat yang lain, setelah selesai mengerjakan sholat di lanjut untuk memperbanyak baca istighfar memohon ampunan kepada alloh swt dan di tutup dengan membaca doa sholat tahajud.

Dalam pembahasan tata cara sholat tahajud sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan panduan sholat pada umumnya yang sehari-hari di kerjakan cuma pada niat dan bacaan doa setelahnya saja yang mana kami telah menulis keduanya pada halaman lain dengan lengkap silahkan untuk di cari. Sampai disini mudah-mudahan bisa di pahami dengan baik dan benar serta jangan lupa untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan mengenai tuntunan tata cara pelaksanaan sholat tahajud berapa rakaat dan waktunya dan lain sebagainya.