Tata Cara Pelaksanaan Sholat Tahajud Yang Benar Dan Bacaan Doanya

Advertisement
Advertisement
Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat sering di kerjakan oleh umat muslim sejak lamadi waktu malam hari, sebab tidak hanya saja menyimapan keutamaan yang begitu besar melainkan juga lebih di anjurkan untuk di laksanakannya, Bagi umat islam yang bisa menyampatkan bangun di waktu malam untuk mengerjakan ibadah ini maka keberuntungan akan segera datang kepadanya baik itu berupa kehidupan yang di angkat lebih tinggi hingga kekayaan yang di cukupkan.

Tata cara melaksanakan sholat tahajud, sama halnya dengan yang lainnya, baik yang di fardhukan atau di sunatkan, perbedaannya hanya terletak pada waktunya saja yaitu harus di kerjakan malam hari setelah tidur, juga pada niatnya, memang selain termasuk pada rukun tetapi juga niat ini menjadi pembeda antara satu dengan yang lainnya.

Adapun untuk hukum sholat tahajud ini adalah sunat mu'akad yaitu yang sangat di anjurkan setelah sholat fardhu, karena rosululloh saw juga sangat menganjurkan kepada umatnya untuk senantiasa melaksanakannya, sebab begitu banyaknya yang bisa kita dapatkan dari keutamaan-keutamaannya tersebut, apalagi jika kita melaksanakannya secara istiqomah.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”. (QS : Al-Isro’ : 79).

Adapun untuk waktu mengerjakan sholat tahajud yang lebih afdhol ada tiga waktu, dia antaranya ialah sepertiga pertama yaitu kira-kira pukul 19:00 - 22:00, sepertiga kedua yaitu dari pukul 22:00 - 01:00 dan sepertiga ketiga yaitu kira-kira dari pukul 01:00 - sebelum datangnya waktu subuh.

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Dan Doanya


Sedangkan untuk jumlah rakaatnya yaitu minimal 2 rakaat dengan satu kali salam, dan untuk maksimalnya boleh di kerjakan sebanyak-banyaknya sekemampuan kita, namun rosul pernah mengerjakan sampai 10 rakaat di tambah witir 1 rakaat pernah juga 8 rakaat 1 kali witir dan 8 rakaat 3 rakaat witir.

Tata Cara Shalat Tahajud

Untuk tata cara sholat tahajud sebenarnya sama dengan cara mengerjakan sholat yang lainnya yaitu di awali dengan membaca niat sholat tahajud untuk niatnya seperti di bawah ini.

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Dan Doanya


Usolli sunnat-tatahajudi rak'ataini lillahi ta'aala


Artinya : Aku niat sholat sunat tahajud dua rakaat karena alloh ta'ala.


  • Selanjutnya takhbirutulikhram
  • Membaca doa iftitah
  • membaca surat fatihah
  • membaca salah satu ayat dari alquran misalnya surat al-iklas

Kemudian untuk selanjutnya dari mulai ruku sampai membaca salam sam sama seperti halnya sholat yang lain setelah selesai mengerjakan sholat di lanjut untuk memperbanyak baca istighfar memohon ampunan kepada alloh swt dan di tutup dengan membaca doa sholat tahajud.

Demikianlah pembahasan tentang doa tahajud yang dapat kami sajikan semoga apa yang kami bahas ini bermanfaat bagi kita semua, dan mohon maaf atas segala kekurangannya.

Hal-hal yang berkaitan dengan ini di antaranya : tata cara pelaksanaan sholat tahajud yang benar ban bacaan doanya, keajaiban, berapa rakaat, witir, kaya dan bahagia dengan, 4 rakaat, macam-macam shalat malam, waktu, jam berapa, tanpa tidur, ustad yusuf mansur, mp3, dhuha, hajat, pdf, akhir.