Doa Niat Puasa Ramadhan Terlengkap Yang Benar Latin Bahasa Arab Beserta Artinya

Advertisement
Advertisement
Niat Merupakan suatu hal penting yang tidak boleh tertinggal dalam segala hal, terutama dalam peribadahan-peribadahan yang di perintah oleh allah swt, baik itu yang sifatnya wajib atau sunnah, karena baik atau buruknya suatu pekerjaan atau syah tidaknya suatu ibadah di tentukan oleh niat itu sendiri. terutama dalam ibadah merupakan salah satu rukun, sehingga banyak keterangan-keterangan dalam kitab fiqih bahwa jika suatu rukun tertinggal maka ibadah itu tidak syah, kecuali jika tertinggalnya karena lupa maka beda lagi permasalahannya, seperti dalam ibadah yang di wajibkan setahun sekali yaitu puasa ramadhan.

Pada puasa di bulan ramadhan seluruh kaum muslim di wajibkan untuk melaksanakan puasa selama sebulan penuh dengan menahan dahaga, lapar, dan mennggalkan hal-hal yang membatalkan pada puasa, mulai dari terbitnya fajar (waktu subuh) sampai terbenamnya matahari (waktu mghrib), hal ini sama seperti halnya dalam puasa sunnah senin kamis, selain menahan lapar harus juga membaca niat puasa senin kamis.

Hal pertama yang harus di lakukan oleh orang yang berpuasa sebelum yaitu harus menghadirkan niat/membaca, karena niat ini salah satu syarat dan rukun puasa, niat puasa ramadhan di hadirkan ketika waktu malam yaitu mulai dari waktu setelah maghrib sampai datangnya waktu subuh, begitu juga dalam niat pasa qadha atau puasa ganti.

Doa Niat Puasa Ramadhan Yang Benar Bahasa Arab Dan Beserta Artinya


Niat ini harus di hadirkan dalam hati, dalam arti tidak cukup hanya di ucapkan di mulut saja, karena tempatnya niat di dalam hati, Untuk posisi menghadirkan niat puasa boleh sambil apa saja, mau sambil tiduran atau sambil jalan asalkan ketika menghadirkan niat di dalam hati hanya tertuju pada niat itu, tetapi alangkah baiknya niat ini di bacakan setelah selesai shalat tarawih sebagai mana yang sering di lakukan oleh umat islam di seluruh dunia, Hal ini berlaku untuk setiap niat pasa misalnya niat puasa nazar. Untuk Niatnya bisa di simak di bawah ini.

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالى

Nawaitu shauma ghodin an'ada-i fardi syahri ramadhaana hadzihis-sanati lillahita'aalaa

Artinya : Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan puasa fardhu pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala.

Untuk pelafadzan niat boleh memakai bahasa yang kita bisa dan kita mengerti, jika tidak bisa dengan bahasa arab maka bisa memakai bahasa latinnya atau membaca artinya, karena allah swt maha mengetahui apa yang kita niatkan.

Itulah pembahasan kami kali ini tentang niat puasa ramadhan, yang benar bahasa arab dan beserta artinya berbeda niat puasa tertinggal, qadha, serta tarawih. Semoga tulisan ini membantu bagi para sobat yang sedang mencarinya dan mudan-mudahan bermanfaat. Dan kami ucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa semoga amal ibadah kita di terima di sisi alloh swt...Amiiinnnn.

doa niat puasa senin kamis, doa niat puasa ganti, niat buka puasa, doa niat puasa ramadhan sebulan, niat sahur, doa buka puasa ramadhan, niat mandi puasa