Bacaan Niat Puasa Ramadhan Serta Doa Berbuka Lengkap Tulisan Arab Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Ramadhan Untuk Satu Sebulan Penuh Tulisan Arab Dan Artinya' Niat Merupakan salah satu bentuk yang di wajibkan dalam setiap peribadahan, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa baik buruknya suatu pekerjaan tergantung pada hal itu, begitu juga dalam berpuasa di bulan ramadhan maka niat tidak boleh tertinggal, sebab termasuk salah satu dari rukun puasa, sehingga bisa di katakan tidak sah puasa-nya jika niat-nya tidak ada atau tertinggal.

Lafadz atau pelafadzan niat pada puasa di ucapkan pada malam hari mulai dari selesainya waktu maghrib sampai datangnya waktu subuh, meskipun begitu kebanyakan umat islam melaksanakannya setelah selesai melaksanakan shalat tarawih, itu juga bagi orang yang melaksanakannya tetapi bagi yang tidak maka bisa kapan saja dan dalam keadaan apa saja asalkan jangan keluar dari waktu yang sudah di tentukan.

Sedangkan untuk niat itu sendiri tidak cukup hanya di ucapkan di mulut saja tetapi harus di dalam hati karena tempatnya niat ada di dalam hati, sedangkan pelapadzan niat di mulut itu hukumnya sunat bertujun untuk membantu ketika menghadirkan niat di dalam hati, jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa membacakan niat dalam pasa hukumnya wajib dan di hadirkan dalam hati.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Untuk Satu Sebulan Penuh Tulisan Arab Dan Artinya

Bagaimana jika menghadirkan niat untuk satu bulan penuh,? Dalam hal ini para ulama ahli fiqih berbeda pendapat, pendapat yang pertama ada yang mengatakan tidak sah dengan dalil bahwa ibadah puasa merupakan ibadah tersendiri yang sama sekali tidak terkait dengan puasa hari sebelumnya atau sesudahnya. Bukti yang paling jelas yang mendukung pernyataan ini adalah ; ”Batalnya sehari puasa Ramadhan sama sekali tidak memepengaruhi puasa hari berikutnya ”. Dan juga sudah jelas bahwa hari-hari puasa dalam bulan Ramadhan itu merupakan suatu ibadah yang mandiri maka sulit diingkari bahwasanya setiap hari puasa ramadhan itu harus disertai dengan niat tersendiri.

Pendapat yang kedua yauitu Puasa sebulan Ramadhan itu cukup hanya berniat satu kali saja pada hari pertama. Dimana pendapat itu didasarkan pada penilaian bahwa puasa sebulan Ramadhan itu adalah sebuah kesatuan, tidak terpecah-pecah, sehingga layak disebut sebagai satu bentuk ibadah, dalam artian antara malam hari yang boleh makan minum dengan siang hari yang harus berpuasa, sudah merupakan suatau gaungan ibadah puasa.

Tetapi menurut hemat kami alangkah baiknya kita mengambil pendapat yang pertama karena terlihat lebih apik dan lebih berhati-hati dalam ibadah dan sangat mudah kita pahami tujuannya, tatapi bagi yang ingin tahu bagai mana cara bacaan niat puasa ramadhan untuk satu sebulan penuh tulisan arab dan artinyabukan dalam mp3 atau qadha, silahkan simak saja di bawah ini.

Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadzihis sannati lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kullihi lillaahi ta’aalaa

Artinya: "Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala"

Doa Berbuka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka sumtu wabika aamantu wa'alaa rizkika afthortu birohmatika yaa ar hamar-rohimiin.

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.



Itulah yang bisa kami bahas kali tentang niat puasa ramdhan, semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahun kita seputar peribadahan dan mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan kalian juga pelajari Doa berbuka puasa.