Tata Cara Sholat Hajat Lengkap Bacaan Niat Dan Doanya

Advertisement
Advertisement
Tata Tata Cara Sholat Hajat Lengkap Bacaan Niat Dan Doanya - Sholat hajat di lakukan kebiasaan banyak orang ketika mempunyai suatu keinginan kepada alloh swt, baik itu masalah duniawi atau ukhrawi, Kerena shalat ini juga tujuannya agar segala rencana atau segala hal yang kita maksud cepat terkobul.

Adapun mengenai waktu pelaksanaknnya sholat hajat ini boleh di lakukan kapan saja mau malam ataupun siang, asal jangan pada waktu-waktu yang di larang untuk melaksanakan sholat. Tetapi ada waktu yang lebih di utamakan untuk mengerjakan shalat ini yaitu pertengah malam atau sekitar pukul 00:30 sampai sabelum datang waktunya imsak, seperti yang telah kita ketahui waktu tersebut merupakan waktu yang begitu tenang sehingga baik untuk melaksanakan segala peribadahan.

Untuk mengenai banyak nya rokaat dalam shalat sunat hajat ini,minimal di laksanakan 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan masing-masing 2rakaat satu kali salam. Yang mana tiap-tiap rakaat tersebut harus di awali dengan niat.

Tata Cara Sholat Hajat Bacaan Niat Dan Doanya Lengkap

Sementara untuk tata cara sholat tahajud ini sebenarnya sama seperti sholat pada umumnya baik itu sholat wajib atau sholat sunat seperti hal nya melaksanakan sholat dhuha, cuma yang menjadi perbedaannya tedapat pada niatnya saja, untuk bacaan serta gerakannya tidak ada perbedaan.

Niat Sholat Hajat
Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala.
Artinya:
“Aku berniat shalat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Membaca niat dalam hati berbarengan dengan gengan takbirotul ikhram
Membaca do’a iftitah
Membaca surat Al-Fatihah
Membaca salah satu surat didalam Al-Qur’an. Afdhalnya rokaat pertama membaca surat Al-Ikhlas dan rokaat kedua membaca ayat kursi (Surat Al-Baqarah : 255)
Ruku’ dengan membaca Tasbih tiga kali
I’tidal dengan membaca bacaannya
Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
Duduk diantara dua sujud dengan membaca bacaannya
Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
Untuk rakaat yang ke dua di lkukan sebagaimana cara diatas, kemudian tasyahud akhir dan membaca salam

Doa Setelah Sholat Hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya:
“Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

Itulah tata cara sholat hajat, niat dan doanya, semoga dengan adanya pembahasan ini menjadi suatu dorongan unuk di amalkan dan semoga bermanfaat, dari kami mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangannya.