Tata Cara Bacaan Niat Sholat Sunnah Hajat Waktu Yang Mustajab

Sholat hajat adalah sebuah amalan sunnah yang dikerjakan oleh umat islam ketika memiliki sebuah keinginan besar serta agar cepat tercapai apa yang menjadi tujuannya, kategori dari hajat tersebut boleh berbentuk apa saja asalkan bukan sesuatu yang mengarah kepada kemaksiatan atau dosa. Mengamalkan sholat hajat ini sangat baik sekali, selain bernilai ibadah juga termasuk pekerjaan sunnah yang perah baginda nabi serukan atau perintahkan kepada umatnya semasa beliau hidup.

Bagi orang yang beragama, tentunya meyakini bahwa segala sesuatu tidak mungkin terjadi jika tuhan belum menghendaki, sekeras apa pun itu berusaha untuk mencapainya tetap akan bertemu dengan kegagalan, bahkan yang berhubungan dengan hidup dan mati pun berada di tangannya. Maka dari itu di dalam agama islam di ajarkan berdoa memohon kepada allah agar apa yang di inginkan cepat terkabul, yaitu dengan cara mengerjakan sholat sunnah 2 rakaat yang di akhiri berdoa serta menyatakan keinginannya tersebut.

Mengenai sholat sunnah hajat ini, cara pengamalannya tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya yang biasa di kerjakan yaitu di awali dengan niat sholat hajat dalam hati di akhiri salam sebanyak 2 rakaat, untuk bacaan dan gerakannya pun tidak ada perbedaan sama sekali sebagaimana sholat wajib lima waktu. Sehingga memungkinkan siapapun akan mudah dalam mengerjakaan tata cara sholat hajat ini, apalagi bagi yang sudah terbiasa mengamalkan sholat sunnah.

Tata Cara Niat Sholat Hajat

Tidak hanya sebatas ketika seseorang memiliki hajat yang berhubungan dengan duniawi misalnya sholat hajar khusus rejeki, meminta jodoh, pekerjaan atau yang lainnya, tetapi juga yang menjadi tujuan sholat sunnah ini meliputi perkara yang berkaitan dengan permasalahan agama. Boleh mengamalkan sholat hajat setiap hari jika dan menjadikannya sebagai amalan biasa seperti tahajud, karena ini merupakan ibadah yang memiliki keberkahan serta menjadi sarana munajat seorang hamba kepada sang maha kuasa.

Niat Sholat Hajat

Niat Sholat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat

Perihal tata cara atau tuntunan sholat tahajud, sama halnya dengan sholat biasa yaitu di awali niat yang bacaannya ada di atas serta di akhiri salam, di kerjakan sebanyak 2 rakaat. Serta sholat hajat ini tergolong sholat yang tidak di sunnahkan berjamaah dalam pelaksanaannya, tetapi untuk pembelajaran misalnya anak sekolah yang sedang mempelajari sholat hajat, maka boleh bdi berjamaahkan.

1. Untuk rakaat pertama setelah fatihah, di utamakan membaca Surat Al-Kafirun sebanyak 10 kali

2. Untuk Rakaat Kedua setelah fatihah, di utamakan membaca surat Al Ikhlas sebanyak 10 kali

Mengenai bacaan surat tersebut, bukanlah bukanlah sebuah ketentuan mutlak dalam sholat hajat, tetapi keutamaan dalam pelaksanaannya, karena boleh membaca surat apa saja sekemampuannya masing-masing, apakah itu jenis surat pendek atau panjang. Para ulama mengajarkan kepada umatnya untuk membaca surat tersebut dalam melaksanakan sholat hajat, sehingga alangkah baik jika kita semua mengikuti apa yang telah di ajarkan oleh para ulama tersebut, karena pasti memiliki keutamaan lebih.

Jika sholat hajat sudah selesai di kerjakan, sebelum membaca doa sholat hajat sebaiknya melakukan sujud syukur terlebih dahulu, sebagaimana umumnya sujud sukur yang telah di ajarkan dalam syariat agama islam. Kemudian di lanjut membaca shalawat dan surat yasin. Setelah itu mambeca doa sholat hajat khusus yang mana untuk bacaannya telah kami publish pada halaman lain yang membahas seputar doa sholat hajat.

Waktu Sholat Hajat

Mengenai penentuan waktu sholat sunnah terbagi menjadi dua, pertama ada yang terkait dengan waktu seperti dhuha, tarawih, idul fitri serta idul adha dan seterusnya, kedua sholat sunnah yang tidak terkait dengan waktu seperti istikharah dan shalat hajat. Dalam hal ini maka sholat sunnah hajat boleh di lakukan siang atau malam selagi tidak pada waktu terlarang untuk sholat seperti Setelah shalat subuh hingga terbit matahari dan yang lainnya.

Akan tetapi meskipun waktu sholat hajat cukup longgar karena di dalamnya terdapat permohonan berupa doa, maka lebih utama jika pelaksanaannya di kerjakan pada waktu malam hari yaitu terutama sepertiganya malam. Sebagaimana banyak terdapat dalam kutipan hadits-hadits yang menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk memohon kepada allah adalah sepertiga malam. Jika bertanya kapan Waktu Yang Mustajab sholat hajat yaitu sepertiga malam.

Sampai di sini maka sudah di pahami bagaimana tata cara dan bacaan niat sholat hajat serta waktu yang mustajab untuk pelaksanaannya. Sedangkan mengenai keutamaan atau manfaat sholat hajat tentu saja sangat jelas sebagai sarana mendekatkan diri kepada allah swt dengan adanya sebab keinginan sehingga bisa menimbulkan pahala berupa terkabulnya doa, terhindar dari kesulitan,meningkatkan ketaqwaan, dan masih banyak lagi yang lainnya tentang sholat sunnah tersebut.