Bacaan Doa Sesudah Setelah Adzan Dan Iqomah Tulisan Arab Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Sesudah Setelah Adzan Dan Iqomah Tulisan Arab Sesuai Sunnah - Melihat dari pengertian dan fungsinya bahwa adzan adalah berupa seruan atau panggilan yang menandai sudah masuk waktu sholat wajib baik itu maghrib atau subuh dan yang lainnya, berisikan kalimat-kalimat khusus yang di kumandangkan atau di bacakan secara keras oleh seorang muadzin atau orang yang beradzan. Hukum dari pelaksanaannya adalah sunnah yang di anjurkan sebab di dalamnya memiliki hikmah yang sangat baik terutama sebagai syiar dalam agama.

Meskipun kalimat dari adzan sudah pasti di paham oleh semua umat islam baik orang dewasa atau anak remaja sebab setidaknya sering mendengar sehingga tidak perlu di hafal, akan tetapi dalam melaksanakannya tidak semua orang memiliki keahlian, pasalnya adzan ini biasanya di kumandangkan dengan memakai lagam-lagam yang enak untuk di dengar meski pada dasarnya sah saja meskipun tidak di sertai lagam akan tetapi akan kurang enak.

Sehingga dengan begitu tidak heran apabila orang yang mengmandangkan adzan rata-rata yang memiliki suara agak bagus, meski jika di perkampungan tak jarang juga di kumandangkan oleh kakek-kakek, mungkin anak mudanya pada malas-malas. Da beberapa kebaikan dalam pelaksanaan adzan dan di antaranya membaca doa adzan baik sebelum atau sesudahnya. Yang mana untuk bacaannya akan kita tulis nanti di bawah tinggal langsung menghafalnya.

Bacaan Doa Sesudah Setelah Adzan Dan Iqomah Tulisan Arab Sesuai Sunnah

Doa adzan sebaiknya tidak hanya di bacakan oleh muadzin saja tetapi juga semua orang yang mendengar pada kumandang tersebut, sehingga dari itulah doa adzan ini harus benar-benat di pahami semuanya. Memang jika belum hafal, kalimat dari doa ini cukup panjang tetapi apabila sering di baca maka akan tersa mudah dan terasa pendek sekali. Nah baiklah untuk bacaan yang benar dan lengkap dari doanya lihat langsung di bawah ini.

Doa Sesudah Adzan

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya : Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.


Doa Setelah Iqomah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Artinya : Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi.

Itulah pembahasan kami kali ini seputar doa setelah sesudah adzan dan iqomah yang bisa kalian hapalkan terutama bagi yang belum hafal. Mudah-mudahan doa di atas bermanfaat bagi kita semua serta bisa mengamalkannya setiap saat. Untuk lebih menambah pengetahuan silahkan pelajari juga niat Puasa yang mana hal ini sangat penting untuk kita tahu.