Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya - Doa dan niat merupakan dua hal yang penting untuk di perhatikan dalam segala hal, sebab akan menentukan berkah atau tidaknya suatu pekerjaan. Ketika seseorang melakukan sesuatu yang mana sebelum dan sesudahnya di sertai dengan doa dan niat, maka bisa di pastikan pekerjaan tersebut akan bertambah berkah, asal pekerjaannya yang di halalkan.

Begitu juga dalam berbuka puasa dan makan sahur ramadhan, yang mana hal tersebut bukan hanya berupa makan semata tetapi di dalamnya mengandung suatu ibadah, sehingga alangkah baiknya jika kita memulainya dengan membacakan doa, agar makanan dan apa yang kita makan mendapatkan suatu keberkahan, serta ini termasuk adab-adaban yang baik di dalam agama islam.

Lalu bagaimana bacaan do'a niat berbuka puasa dan makan sahur tersebut, hal itu nanti akan kita bahas di bawah, yang pastinya bisa kita amalkan dengan baik ketika mau berbuka puasa. Sebenarnya kami yakin orang-rang sudah banyak yang tahu tentang bacaan ini, namun kami berpikir, kemungkinan di antara kita ada yang lupa atau belum tahu, bagaimana doa berbuka serta sahur yang sebenarnya, untuk itu silahkan di hapal dengan sebaik mungkin agar bisa di amalkan.

Bacaan Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar Beserta Artinya

Berikut kami tulis dengan lengkap bacaan doanya baik dalam tulisan bahasa arab, latin arti (terjemahannya) agar kalian yang belum tahu bisa mudah menghafal serta tahu artinya.

Do'a Niat Puasa Bulan Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syarri rmadhoona hadzihis sanati lillahi ta 'alaa

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Doa Berbuka puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'ala rizqika afthortu birohmatikaa yaa arhamar-roohimiin

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa Makan Sahur

Sebelum kita malakukan sahur jangan lupa membaca niat puasa terlebih dahulu seperti yang di tulis di atas untuk bacaannya, namun jika malamnya sudah di baca maka tidak di baca lagi. Sebenarnya dalam makan sahur kami belum menemukan doa yang di khususkan, baik itu sebelum atau sesudahnya, namun yang selama ini banyak di amalkan ketika akan makan sahur, selain membaca niat puasa seperti yang di atas juga membaca doa sebelum makan yang biasa sehari hari kebanyakan orang amalkan, yang bacaannya yaitu :

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma baarik lanaa fiimaa rojaqtanaa waqinaa 'adzaaban naar

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Bacaan Doa Sesudahnya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahil ladzii at'amanaa wasaqoonaa waja'alanaa muslimiin

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Itulah Pembahasan doa berbuka puasa semoga kita semua bisa mengamalkan sebaik mungkin, mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala ke hilafan serta kekurangannya, mudah-mudahan ini menjadi suatu pengetahuan bagi kita semua.