Niat Puasa Ganti Bacaan Doa Buka Mengganti Qadha Ramadhan

Terdapat ketantuan pasti yang wajib di penuhi oleh seorang muslim ketika melaksanakan ibadah, selain dari syarat rukun, tata cara, bacaan dan semua hal yang masih berhubungan dengan ibadah tersebut. Salah satu contoh dalam melaksanakan puasa bulan ramadhan, di karenakan termasuk puasa wajib maka selain memenuhi syarat rukun dan menjauhi pembatalannya, di larang juga meninggalkan puasa tersebut, andaikata ada satu hari tertinggal karena sebab meskipun di bolehkan oleh syariat, tetap wajib di ganti puasa tersebut pada bulan lain.

Berbeda halnya dengan perkara yang berkaitan dengan ibadah sunnah seperti puasa nisfu sya'ban atau senin kamis, meskipun puasa tersebut memiliki keutamaan yang luar biasa serta janji akan fahala berlipat ganda, jika di tinggalkan tidak harus untuk di ganti pada bulan lain. Oleh sebab itu bagi umat islam hati-hati dalam melaksanakan puasa ramadhan karena selain menjadi kewajiban yang harus di penuhi, juga harus di ganti apabila ada salah satu yang tertinggal, jaga puasamu agar tidak ternodai oleh hal-hal yang bisa mengakibatkan batalnya puasa ramadhan.

Sedangkan bagi perempuan yang sudah menjadi ketentuan akan ada hari-hari di mana mereka harus meninggalkan peribadahan wajib termasuk puasa ramadhan, penyebabnya adalah haid. Perempuan yang haid di haruskan untuk buka namun mereka juga wajib di bulan lain untuk qadha puasa begitu juga sama halnya bagi yang sakit, yang di sebabkan karena perjalanan atau yang lainnya. Bagi perempuan jaga baik-baik haid mu sesuai yang sudah di ajarkan dalam agama, termasuk juga bilangan hari berapa lama haid tersebut berlangsung, jika sudah datang bulan syawal maka segeralah mengganti puasa yang tertinggal.

Niat Puasa Ganti Qadha

Jika terkait dengan pembahasan puasa ganti, banyak sekali publik yang menanyakan tentang menggabungkan puasa sunnah dalam hal pelaksanaannya seperti niat puasa ganti sekaligus puasa senin kamis. Dalam hal ini sebenarnya sudah banyak penjelasan yang memaparkan bahwa untuk puasa ganti alangkah baik di segerakan adapaun jika di laksanakannya betepatan dengan waktu puasa sunnah maka boleh saja dan akan mendapat keutamaan puasa juga. Misalnya jika pelaksanaan qadha awal bulan syawal maka selain kewajiban qadha terpenuhi juga mendapat keutamaan puasa syawal.

Bacaan Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

Artinya : Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala

Perlu di ketahui puasa qadha ini harus di segerakan jangan sampai menunda-nundanya, apalagi di kerjakan saat bulan ramadhan akan datang lagi misalnya bulan rajab atau sya'ban, meski pun pada dasarnya tidak ada yang melarang, namun lebih baik jika bulan syawal sudah beres.

Itulah pembahasan sedikit tentang niat puasa ganti semoga menjadi suatu pengetahuan yang bermanfaat terutama bagi saya yang menulisnya umumnya untuk kita semua, mohon maaf atas segala kekurangannya.