Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan Dan Puasa Syawal

Advertisement
Advertisement
Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan Dan Puasa Syawal - Puasa Qadha dan sayawal merupakan puasa yang memiliki tingkatan hukum yang berbeda, namun keduanya di anjurkan untuk di laksanakan sebab terdapat berbagai keterangan yang memrintahkan puasa tersebut terutama puasa ganti ramadhan atau qadha.

Puasa qadha adalah puuasa yang di laksanakan dengan tujuan mengganti puasa yang batal di bulan ramadhan, baik itu batalnya karena sakit sehingga tidak mampu, karena ada halangan wanita seperti haid, sedang di perjalanan yang cukup jauh serta yang lainnya. Maka dengan itu harus menggantinya di bulan lain seperti bulan syawal, serta memiliki hukum fardlu atau wajib.

Sedangkan puasa syawal adalah puasa 6 hari yang di lakukan pada bulan syawal yaitu di mulai dari tanggal 2,3,4,5,6,7 tetapi jika tidak bisa pada tanggal tersebut boleh di hari lainnya asal masih bulan syawal, yang mana puasa ini memiliki fahala yang sangat besar yaitu di ibaratkan puasa setahun, Puasa syaal ini memiliki hukum sunnah.

Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan Dan Puasa Syawal

Dalam tata cara puasa qadha atau syawal tidak ada perbedaan baik itu yang membatalkan pada puasa atau hal yang lainnya sama juga dengan puasa sunnah lainnya misalnya puasa nisfu sya'ban. Perbedaannya terletak pada bacaan niatnya saja yaitu sebagai berikut :

Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

Artinya : Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala

Bacaan Niat Puasa Sunnah 6 Hari Bulan Syawal

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam haru bulan Syawal karena Allah

Perlu di ketahui puasa qadha ini harus di segerakan jangan sampai menunda-nundanya, apalagi di kerjakan saat bulan ramadhan akan datang lagi misalnya bulan rajab atau sya'ban, meski pun pada dasarnya tidak ada yang melarang, namun lebih baik jika bulan syawal sudah beres.

Itulah pembahasan sedikit tentang niat puasa qadha dan syawal semoga menjadi suatu pengetahuan yang bermanfaat terutama bagi saya yang menulisnya umumnya untuk kita semua, mohon maaf atas segala kekurangannya.