-->

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Beserta Dalilnya

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Beserta Dalilnya - Ramadhan selain menjadi bulan agung yang memiliki keberkahan tinggi, juga di dalamnya tersimpan berbagai keutamaan luar biasa salah satunya dengan terdapatnya malam lailatul qadar. Setiap muslim sangat menginginkan untuk bertemu dan merasakan keindahan malam tersebut, namun hanya orang yang memiliki nilia keimanan tinggi yang dapat mengetahui keberadaannya, yaitu mereka yang selalu istiqomah beramal shalih.

Namun tidak sembarangan orang bisa merasakan semua itu, sebab hanya merekalah yang terpilih yang bisa mendapatkan malam lailatul qadar ini. Meskipun begitu barang siapa yang mencarinya maka dia akan mendapatkannya yaitu dengan cara memperbanyak amalan serta selalu mendekatkan diri kepada alloh swt setiap waktu terutama selama bulan ramadhan.

Banyak sekali dalil yang menjelaskan tentang malam lailatul qadar ucapan bulan ramadhan ini, baik itu dari hadist nabi hingga ayat-ayat al-quran seperti pada surat al-qadar dan yang lainnya. Yang mana dalil-dalil tersebut menerangkan tentang datangnya serta keitimewaannya malam lailatul qadar, seperti salah satunya yang terdapat dalam surat alqadar :

tanda malam lailatul qadar

بسم الله الرحمن الرحيم

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya : “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Quran) itu pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin RABB-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Juga terdapat dalam beberapa hadist shahih yaitu :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُجَاوِرُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَيَقُولُ تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Dari Aisyah ra berkata : “Adalah Nabi SAW biasa mencari Laylatul Qadar pada 10 malam yang terakhir.” (HR:Bukhari)

أَنَّ رِجَالًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُرُوا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْمَنَامِ فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَى رُؤْيَاكُمْ قَدْ تَوَاطَأَتْ فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ فَمَنْ كَانَ مُتَحَرِّيهَا فَلْيَتَحَرَّهَا فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ

Artinya : Dari Ibnu Umar ra : “Ada beberapa orang laki-laki sahabat Nabi SAW yang bermimpi melihat Laylatul Qadar pada 7 malam terakhir, maka sabda Nabi SAW : Aku juga melihat apa yang kalian mimpikan itu jatuhnya pada 7 malam terakhir, maka barangsiapa yang ingin mencarinya maka carilah pada 7 malam terakhir tersebut.”

Serta banyak lagi hadist lainnya yang menjelaskan lailatul qadar tersebut. Dari beberapa hadis ada yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar ini datangnya pada malam 10 terakhir bulan puasa ramadhan dan ada juga yang menyebutkan tanggal 27 ramadhan, maka dari itu alangkah baiknya jika sebagai umat muslim yang mengharapkan di pertemukan dengan malam tersebut untuk lebih memeperbanyak amalan-amalan terutama dari mulai sepiuluh terakhir ramadhan, karena hanya allahlah yang maha tahu kapan datangnya malam tersebut sementara kita sebagai hambanya hanya di tugaskan untuk mencari atau berusaha.

Ada sebuah keterangan yang menyatakan bahwa ada beberapa dalil yang membicarakan tanda-tanda lailatul qadar, namun itu semua tidaklah nampak kecuali setelah malam tersebut berlalu (Fathul Bari 4: 260)..

وَقَدْ وَرَدَ لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ عَلَامَاتٌ أَكْثَرُهَا لَا تَظْهَرُ إِلَّا بَعْدَ أَنْ تَمْضِي

Seperti halnya dalam hadist yang artinya yaitu dari ibnu abas ra, rosululloh saw bersabda Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.

Jadi ketika malam tanda lailatul qadar ini datang maka suasana alam terasa nyaman dan tenang, tidak gerah atau panas begitu juga tidak dingin, bulan terlihat cerah tapi tidak memancarkan sinarnya kesetiap penjuru, begitu juga pada pagi harinya matahari keluar dengan tidak begitu cerah namun terasa tenang serta penuh ketenangan. jika tanda-tanda tersebut datang maka kemungkinan lailatul qadar telah datang. (wallahualam bisawab).