Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri Yang Benar Sesuai Sunnah Lengkap Bacaannya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri Yang Benar Sesuai Sunnah Lengkap Bacaannya - Idul fitri merupakan salah satu hari raya yang istimewa bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia, sehingga setiap orang menyambutnya dengan riang penuh kegembiraan, bahkan tak ada satu pun orang yang merasa sedih atau semisalnya ketika hari ini datang.

Gemuruhnya takhbir terdengar dari setiap ploksok yang di kumandangkan sejak malam idul fitri, hal ini merupakan suatu bukti bahwa setiap umat muslim sangat menyambut hari yang spesial ini. Dan hal ini juga merupakan suatu perintah yang di sunatkan untuk memperbanyak membaca takhbir hingga esok harinya sampai tiba saatnya untuk melaksanakan shalat idul fitri.

Dan hal seperti ini juga bukan hanya terjadi pada hari raya lebaran idul fitri saja, namun saat hari raya qurbanpun yaitu idul adha selalu umat muslim lakukan sebeb keduanya tersebut meruakan hari besar dalam islam. Sementara shalat idul fitri pada hari raya lebaran merupakan suatu keharusan yang mesti di laksanakan oleh orang yang sudah baligh serta tidak ada halangan menurut syara, sebab memiliki hukum sebagai sunnah yang di anjurkan sebagaimana baginda rosulpun tidak pernah meninggalkannya.

Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri Yang Benar Sesuai Sunnah Lengkap Bacaannya

Shalat ied idul fitri ini yaitu shalat dua rakaat yang di lakukan secara berjamaah yang jatuh pada tanggal 1 syawal yang di dalamnya terdapat 2 khutbah yang dibacakan oleh imam setelah selesai melaksanakan shalat ied idul fitri. Dan shalat ini juga sama dengan pada idul adha namun berbeda dengan yang lainnya karena setelah takhbirotul ikhram di haruskan untuk melakukan takhbir lagi sebanyak 5 dan 7 kali.

Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri

1. Membaca Niat

Niat Untuk Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala


Niat Untuk Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


2. Takhbirotul Ikhram

Mengangkat ke dua tangan setinggi bahu sambil mengucapkan lafadz allahu akhbar

3. Takhbir lagi sebanyak 7 kali dan di antara takhbir tersebut membaca :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WA LAA ILAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR. ALLAHUMMAGHFIRLII WAR HAMNII

Artinya : Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.

Untuk Rakaat Kedua takhbir di lakukan sebanyak 5 kali sambil di antaranya membaca bacaan tersebut.

4. Setelah takhbir membaca surat fatihah hingga selesai yang di lanjutkan membaca salah satu surat dari al-qur'an, namun lebih di anjurkan membaca surat Qaaf pada raka’at pertama dan surat Al Qomar pada raka’at kedua atau bisa juga Al A’laa dan Al Ghosiyah.

5. Lalu di lanjut seperti shalat pada umumnya yaitu ruku, i’tidal, sujud dan yang lainnya.

6. Berdiri lagi untuk melakukan rakaat kedua sambil membaca takhbir dan mengankat tangan yang kemudian di lanjutkan melakukan takhbir lagi sebanyak 5 kali. Untuk selanjutnya sama seperti pada rakaat pertama hingga salam.

8. Setelah selesai imam berdiri untuk melakukan2 khutbah yang di simak oleh seluruh jamaah hingga akhir.

Hal-hal yang harus di perhatikan sebelum pergi melaksanakan shalat ied idul fitri ini yaitu sebaiknya mendi adus dulu, memakai wewangian, pakaian bersih dan putih jika ada, makan terlebih dahulu, serta telah mempunyai wudhu. Setelah selesai shalat sebaiknya di lanjut berkeliling untuk saling memohon maaf kepada sanak saudara dan tetangga.

Untuk khutbah berisikan pembahasan tentang puasa ramadhan, hikam serta keutamaannya, zakat fitrah, shadaqah atau yang berhubungan dengan hal tersebut.