Tata Cara Doa Niat Mandi Sunnah Keramas Untuk Hari Raya Idul Fitri Terlengkap

Advertisement
Advertisement
Mandi Sunnah idul fitri merupakan sebuah aktivitas pembersihan anggota tubuh dengan air dan sabun serta pembersih lainnya yang di lakukan menjelang hari raya idul fitri pada tanggal 1 syawal setelah selesai melaksanakan puasa ramadhan sebulan penuh. Di beberapa daerah mandi sunnah ini disebut juga dengan keramas atau adus dan panggilan lainnya.

Dalam hal tata cara melaksanakan mandi sunnah ini tidak ada perbedaan seperti pada umumnya yaitu membasuh seluruh tubuh dengan air serta menggosoknya memakai sabun bahkan tujuannya pun sama, agar tubur bersih sehat serta menghilangkan najis yang menempel dari seluruh tubuh karena seperti di ketahui bersama kebersihan sebagian dari iman.

Yang membedakan keduanya yaitu terdapatnya doa atau niat, jika biasanya manusia mandi tanpa ada aturan, yang penting bersih. Tetapi ketika melaksanakan mandi sunnah, terdapat aturan yang harus di patuhi, agar aktivitas tersebut menjadi amal dan ibadah. yaitu harus adanya niat saat pertama kali memulai mandi yaitu pada awal sebagian tubuh terkena air.

Tata Cara Doa Niat Mandi Sunnah Keramas Untuk Hari Raya Idul Fitri Terlengkap

Apalagi ketika akan melaksanakan cara sholat idul fitri yang memiliki hukum sunat muakad serta di lakukan setahun sekalu yaitu setelah selesai melakukan puasa ramadhan yang termasuk salah satu kewajiban yang istimewa, maka alangkah baiknya jika sebelumnya melakukan hal-hal baik yang telah di syariatkan dalam agama, salah satunya dengan melakukan mandi. Sebenarnya bukan hanya pada lebaran idul fitri saja tetapi idul adha atau lebaran hajipun sama harus di lakukan.

Niat Mandi Idul Fitri
نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi 'iidil fithri sunnatan lillahi ta'aala

Artinya : Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta'ala

Perlu di ingat lagi bahwa niat mandi idul fitri ini menjadi salah satu pembeda antara mandi yang satu denga yang lainnya, maka dari itu harus di baca tidak boleh di tinggalkan, karena jika terlewat bisa di pastikan tidak akan termasuk mandi sunat tetapi lebih mengarah hanya pada mandi biasa saja.

Mudah-mudahan pembahasan bacaan doa niat mandi sunat untuk sholat hari raya ied idul fitri ini bermanfaat bagi kita semua, serta semoga menjadi sebuah pengetahuan yang bisa di amalkan pada waktunya. Tata cara doa niat mandi sunnah keramas untuk hari raya idul fitri terlengkap, sebelum puasa, menyambut bulan puasa, gerhana bulan.