-->

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri 2020 Dan Bacaan Takhbirnya

Sholat idul fitri adalah ibadah sunnah yang di kerjakan hanya pada tanggal 1 syawal atau setelah selesai melaksanakan ibadah puasa ramadhan selama 1 bulan penuh. Tanggal satu tersebut merupakan hari besar yang di anggap sangat spesial oleh seluruh umat muslim, mereka akan menyambutnya dengan rasa gembira, tetapi di samping kegembiraan pada hari tersebut juga di anjurkan bagi umat muslim untuk melaksanakan sebuah ritual ibadah khusus berupa sholat sunnah yang di kerjakan pada pagi hari secara berjamaah.

Idul fitri yang identik dengan lebaran tersebut masuk dalam kategori momen penuh kemuliaan, bukan di sebabkan karena seluruh muslim serba memakai pakaian baru dan adanya aktivitas bersilaturahmi secara bersamaan, tetapi juga hakikat diri setiap muslim bersih dan suci dari dosa sebagaimana makna idul fitri itu sendiri yang berarti kembali kepada kesucian diri, namun kesucian tersebut hanya di dapat oleh mereka yang bisa dengan sempurna menyelesaikan ramadhan yang sesungguhnya.

Selain itu pada idul fitri ini menyimpan berbagai keutamaan dan faedah, seperti dalam sebuah riwayat di katakan bahwa barang siapa yang membacakan subhanalloh walhamdulillah 300 kali pada hari raya tersebut dan di hadiahkan untuk orang yang sudah meninggal maka seribu nur akan masuk ke setiap kuburan dan nanti allah akan menghadiahkan pula 1000 nur di kuburnya. Bahkan dalam riwayat lain di katakan bahwa iblis menjerit pada hari idul fitri tersebut karena seluruh umat nabi muhamad di ampuni dosanya.

Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri

Sedangkan waktu melaksanakan sholat idul fitri ini yaitu setelah selesai puasa ramadhan atau tepatnya pada tanggal 1 syawal serta di laksanakan setelah terbitnya matahari, atau kira-kira pukul setengah tujuh pagi hari, yang mana bukan hanya bisa di lakukan di dalam mesjid tetapi juga boleh di lapangan atau di tempat yang terbuka jika fasilitas ibadah khusus tidak memungkinkan menampung orang banyak.

Tata Cara Sholat Ied Idul Fitri

Dalam tata cara melaksanakan sholat sunat ied idul fitri ini berbeda dengan ibadah pada umumnya yang mana di dalam sholat hari raya ini terdapat takhbir sebanyak yang telah di tentukan yang di lakukan setelah takhbirotul ikhram baik itu pada rakaat pertama atau ke dua, serta terdapat khutbah yang di bacakan oleh khotib setelah selesai sholat. Berikut adalah rinciannya.

1 Niat sholat sunat ied idul fitri

Bagi Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholi sunnatan 'idilfithri rakataini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala


bagi Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholi sunnatan 'idilfithri rakataini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

2, takhbirotul ikhram.

Nah setelah takhbirtul ikhram ini di lanjut mengangkat tangan lagi yaitu untuk takhbir sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali pada rakaat ke dua. Jika telah selesai melakukannya di lanjut membaca surat fatihah, sementara untuk garakan dan bacaan lainnya sama seperti sholat pada umumnya. Namun di antara takhbir yang tadi harus membaca doa seperti halnya :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Stelah selesai di lanjut mendengarkan khotib khutbah, yang mana pada khutbah pertama di mulai dengan bacaan takhbir sembilan kali dan di khutbah kedua sebanyak tujuh kali bacaan. serta isi dari khutbah di anjurkan hal-hal yang bersangkutan dengan puasa seperti hikmahnya puasa, shadaqah dan zakat fitrah.

Setelah selesai melaksanakan sholat idul fitri ini sebaiknya seluruh jamaah di lanjutkan mesafahah bersama tetapi antara laki-laki dan perempuan di pisahkan. Lalu setelah bubar alangkah baik pula jika melakukan ziarah kubur serta bersilaturahmi kepan sanak saudar dan kerabat.

Ada banyak hal yang memang harus di fahami lebih luas lagi tentang ibadah sholat idul fitri termasuk yang meliputi hukum dan manfaatnya. Untuk tata caranya tidak begitu sulit sebetulnya sebab jika hanya status menjadi seorang makmum tinggal mengikuti arahan imam, yang penting di fahami dengan baik itu seputar bacaan dan niatnya. bacaan doa setelah tata cara niat sholat rari raya idul fitri 2020 dan bacaan takhbirnya rangkaian sampai salam sesuai sunnah berjamaah sendiri di laksanakan pada tanggal hukumnya.


itulah sedikit pembahasan dari bacaan doa tata cara niat sholat hari raya idul fitri termasuk dilaksanakan ketika matahari setinggi, hukumnya, adalah, idul adha, pengertian sholat idul fitri, bacaan sholat idul fitri pendidikan serta hal-hal lainnya yang bersangkutan kedalamnya.