Bacaan Niat Dan Tata Cara Shalat Idul Adha Tulisan Arab Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Dan Tata Cara Shalat Idul Adha Tulisan Arab Dan Artinya - Idul adha Merupakan salah satu hari raya islam yang sangat istimewa serta memiliki keutamaan di dalamnya di banding hari biasa yang lainnya, Yaitu salah satunya terdapatnya sebuah aktivitas ibadah qurban yang merupakan suatu anjuran untuk di laksanakannya bagi orang-orang yang mampu.

Hari raya lebaran ini jatuh pada bulan dzulhijjah tanggal sepuluh, Yang mana di bulan ini selain idul adha tetapi juga terdapat amalan sunnah lainnya yang tidak kalah utamanya untuk di kerjakan yaitu puasa sebelum idul adha atau di kenal dengan nama arafah dan tarwiyah yang di laksanakan pada tanggal 8 dan 9 nya.

Ketika lebaran idul adha ini semua orang sangat di anjurkan untuk mengerjakan shalat ied di pagi hari setelah terbitnya matahari, serta ini memiliki hukum sunat muakad dalam arti sangat di anjurkan untuk di laksanakan bagi mereka yang tidak memiliki halangan yang di benarkan dalam syariat islam.

Bacaan Niat Dan Tata Cara Shalat Idul Adha Tulisan Arab Dan Artinya

Dalam tata cara melaksanakan shalat ied idul adha ini tidak jauh berbeda dengan idul fitri baik itu bacaan shalatnya atau gerakannya, perbedaannya hanya terletak pada niatnya saja, dan memang niat ini salah satu pembeda antara satu ibadah dengan yang lainnya. Tetapi pastinya sangat jauh berbeda dengan shalat sunnah yang lainnya misal sholat tahajud meski sama-sama hukumnya sunnah.

Tata Cara Shalat Ied Hari Raya Idul Adha

1. Niat

Bacaan Niat Untuk Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Untuk Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

2. Takhbirotul Ikhram

3. Setelah itu di lanjut melakukan takbir lagi yang di sebut takbir zawa-id sebanyak tujuh kali, yang di antara takhbir tersebut di selangi dengan bacaan

Bacaan Antara Takbir Idul Adha

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WA LAA ILAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR. ALLAHUMMAGHFIRLII WAR HAMNII

Artinya : Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.

4. Kemudian setelah itu membaca surat fatihah seperti shalat pada umumnya, yang di lanjutkan dengan salah salah satu surat dari al-qur'an namun dalam hal imi lebih di utamakan dengan membaca surat Qaaf pada raka’at pertama dan surat Al Qomar pada raka’at kedua. Jika tidak faham bisa di ganti Al A’laa pada raka’at pertama dan surat Al Ghosiyah jika masih tidak bisa membaca surat apa saja.

5. Melakukan ruku dan seterusnya seperti pada umumnya

6. Ketika berdiri untuk melakukan rakaat ke dua langsung melakukan takhbir lagi sebanyak lima kali yang di selangi dengan bacaan doa di atas, kemudian di lanjut seperti halnya rakaat pertama hingga akhir yang di tutup dengan gerakan tahiyat dan membaca salam.

Setelah selesai melaksanakan shalat idul adha di lanjut dengan2 khutbah, yang mana dalam hal ini bisa di lakukan oleh imam sendiri atau orang yang telah di tentukan untuk melaksanakanna, tugasnya ma'mum hanya cukup mendengarkannya saja dengan khusu dan serius hingga akhir.

Ada hal-hal yang harus di lakukan sebelum melaksanakan shalat ied ini selain wudhu yaitu jangan lupa untuk melakukan mandi keramas terlebih dahulu dengan niat dan doanya harus di baca agar termasuk pada kesunahan, serta perhatikan pakaian yang di pakai harus yang bersih dan usahakan berwarna putih. Itulah pembahasan tentang bacaan niat dan tata cara shalat idul adha tulisan arab dan artinya di laksanakan pada hari tanggal, idul fitri, hukumnya, berapa rakaat, di rumah, pengertian serta hal-hal lainnya yang menyangkut di dalamnya, semoga bermanfaat buat kita semua.