Doa Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri Dan Keramas Idul Adha Lengkap

Doa Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri Dan Keramas Idul Adha Lengkap - Selain menjadi hari istimewa yang suka di sambut meriah oleh semua umat islam, hari raya juga merupakan waktu untuk melaksanakan amalan khusus seperti sholat ied. Dua hari besar yaitu idul fitri dan idul adha menjadi momen bergembira umat muslim karena pada saat tersebut ada waktu yang cukup spesial dimana jika pada idul fitri mereka kembali suci setlah mengerjakan puasa wajib sebulan sedangkan pada idul adha terdapat sebuah ritual kurban.

Pada Hari raya idul fitri dan idul adha selain di sunnahkan untuk mengerjakan sholat berjamaan pada pagi hari yang di sebut dengan sholat ied tetapi juga di sunnahkan untuk mandi sunnah hari raya. Hukum sholat ied adalah sunnah muakad sangat di anjurkan kerena rosul sendiri tidak pernah meninggalankan shalat sunnah ini, sehingga dengengan begitu alangkah baiknya jika kita pun selalu mengikutinya, karena selain banyak hikmah dan keutamaannya tetapi juga datangnya hanya satu kali setahun.

Selain dari tata cara, niat bacaan dan gerakan pada shalat idul fitri ini, banyak juga hal yang harus di perhatikan agar bisa mendapatkan kesempurnaan misalnya memperhatikan berbagai hal sebelum melaksanakan shalat seperti memakai pakaian yang bersih, putih jika ada, datang ke tempat shalat awal waktu serta banyak lagi yang lainnya.

Niat Mandi Idul Fitri

Namun salah satu yang di anjurkan ketika akan melaksanakan shalat ied idul fitri ini yaitu melakukan mandi atau keramas terlebih dahulu. dengan tata cara mandi sebagai mana pada umumnya yaitu membasuh seluruh badan mulai dari ujung rambut hingga kaki secara menyeluruh dan menggosoknya hingga bersih serta membaca niat mandi shalat idul fitri yang di bacakan pada awal atau pertama kali membasuh.

Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iiedil fithri sunnatan lillaahi ta’alaa

Artinya : “Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta’ala”.

Niat Mandi Hari Raya Idul Adha

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ اْلاَضْحَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iiedil adhaa sunnatan lillaahi ta’alaa

Artinya : “Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala”

Mengenai tata cara mandi hari raya tersebut tidak berbeda dengan mandi wajib yang lainnya yaitu seluruh badan di basuh dengan air hingga rata dan pada awal mandi membacakan niat mandi idul fitri atau idul adha. Jika bingung bagai pelaksanaannya bisa lihat langsung pada halaman tentang tata cara mandi besar dan silahkan cermati semua yang berkaitan dengan bacaan doa niat mandi hari raya idul fitri dan keramas idul adha lengkap untuk anak, latin dan lain sebagainya.