Hikmah Manfaat Dan Keutamaan Puasa Sunnah 6 Enam Hari Di Bulan Syawal

Advertisement
Advertisement
Hikmah Manfaat Dan Keutamaan Puasa Sunnah 6 Enam Hari Di Bulan Syawal - Setiap amalan baik itu yang di sunatkan atau di wajibkan pasti di dalamnya memiliki berbagai faedah yang sangat besar yang akan di dapatkan oleh orang yang menjalankannya seperti halnya pada puasa di bulan syawal. Namun kebiasaannya semakin besar manfaat dari amalan tersebut maka akan semakin berat pula melaksanakannya apalagi bagi orang-orang yang keimanannya masih labil.

Banyak sekali godaan dan rintangan yang menghalanginya baik itu yang datang dari diri sendiri seperti rasa malas tidak karuhan, badan lemas dan yang lainnya. atau godaan yang datang dari luar seperti ada orang yang mengajak bermain ketempat yang di sukai yang mana hal tersebut tidak memungkinkan untuk puasa karena jauh atau hal-hal lainnya.

Hal ini sudah pasti datang kepada mereka yang ingin berbuat kebaikan, tetapi jika seseorang bisa melawan semua itu dan sukses melaksanakan yang di haruskan maka pasti dia akan mendapatkan hadiah yang setimpal dengan pekerjaannya. Apalagi di bulan syawal yang mana suasana masih learan idul fitri, sudah pasti sedikit sekali rang-orang yang bisa melaksanakan puasa dan lebih memilih bermain atau berekreasi.

Hikmah Manfaat Dan Keutamaan Puasa Sunnah 6 Enam Hari Di Bulan Syawal

Padahal jika mereka tahu manfaatnya dan keutamaan puasa syawal enam hari ini sangat besar sekali, Bahkan lebih besar di banding kesenangan bermain yang hanya bisa di rasakan sekejap saja. Dan berikut kami paparkan sedikit tentang semaua itu, agar bisa menjadi sebuah motivasi atau dorongan untuk senantiasa mengerjakn puasa ini.

1. Di ambil dari sebuah hadist Yang Bunyinya :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barangsiapa yang berpuasa (di bulan) Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan (puasa sunnah) enam hari di bulan Syawwal, maka (dia akan mendapatkan pahala) seperti puasa setahun penuh.

Dalam Keterangan ini menunjukan bahwa sangat besar sekali pahala yang akan di dapatkan bagi orang-orang yang berpuasa di bulan syawal ini. Coba bayangkan apakah kita akan mampu melaksanakan puasa setahun untuk mendapatkan hadiah yang besar. Hanya cukup enam hari saja maka sudah mendapatkannya.

2. Jika di ibaratkan puasa sunah syawal ini seupama shalat rawatib yang menyempurnakan shalat wajib, begitu pula dalam hal ini yang memiliki tujuan untuk menyempurnakan kekurangan puasa ramadhan. Karena tidak dapat di pungkiri manusia tempatnya salah.

3. Berpuasa di bulan syawal bisa menjadi tanda sukses atau di terimanya puasa wajib bulan ramadhan.

4. Menjadi suatu ciri bahwa mendekatkan diri dan memperkaya amalan-amalan selama bulan ramadhan tidak putus begitu saja karena bergantinya bulan, bahkan justru lebih meningkat lagi.

5. Dosa-dosa di masa lalu akan lekas di ampuni oleh allah swt.

6. Menjadi suatu bukti bahwa dia mensyukuri segala hal kebaikan mulai dari pengampunan dosa selama bulan ramadhan.

Itulah di antara kebesaran puasa syawal yang bisa di dapatkan bagi orang-orang yang ikhlas melakukannya. Maka dari itu kami menyarankan jangan sampai meninggalkannya, karena kesempatan ini hanya datang satu tahun sekali. Ajal tidak pernah datang dengan memberikan kabar terlebih dahulu, tidak menutup kemungkinan jika kita tidak sempat lagi bertemu bulan syawal tahun depan, jadi jangan sampai di tunda-tunda.

Namun bagai mana jika seseorang ingin mengerjakannya tetapi masih mempunyai qadha pada bulan ramadhan ?. Jika melihat pada hadist di atas yaitu "barang siapa yang berpuasa di nulan ramadhan kemudian menyambung puasa sunnah di bulan syawal", berarti puasa ramadhannya harus sempurna jika masih ada qadha berarti tidak sebulan penuh, Maka bisa di katakan harus Puasa qadha dulu kemudian di lanjut puasa syawal, karea lebih utama mendahulukan yang wajib dan di sambung dengan yang sunnah.

Tetapi bagi orang yang puasa ramadhannya sempurna lebih utama di lanjut dengan puasa syawal yaitu mulai dari tanggal 2 hingga 7 syawal, Meski waktu puasa syawal ini boleh di lakukan kapan saja asal masih berada pada bulan tersebut. Dan hal paling penting jangan lupa membaca niatnya.