Doa Menyembelih Memotong Hewan Quban Idul Adha Milik Sendiri Dan Untuk Orang Lain

Advertisement
Advertisement
Menyembelih Qurban adalah salah satu ibadah sunnah muakkad yang harus di kerjakan oleh umat muslim yang telah mampu, sebab makna dari qurban ini sendiri bisa menjadikan sebagai pencerah jiwa yang berhubungan dengan ketaqwaan hambanya kepada allah swt. Selain itu bisa menjadi sarana untuk memupuk keikhlasan dan kejujuran diri serta mempererat tali persaudaraan, silaturahmi dan rasa solidaritas yang tinggi.

Memang pada bulan dzulhijjah, terutama tanggal 10 pertama memiliki keunngulan lebih jika di gunakan untuk melakukan ibadah misalnya puasa sunnah, di mana allah akan memberikan suatu pahala besar bagi orang yang iklas melakukannya contoh pada puasa arfah yang akan bisa menghapus dosa dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Serta pada tgl 10 terdapat hari raya yang di isi dengan shalat idul adha dan sebagainya.

Sejarah yang mengharuskan umat islam untuk berqurban ini yaitu berawal dari sebuah kisah nabi ibrahim yang di perintahkan untuk menyembelih anak satu-satunya yang kemudian di ganti oleh allah dengan hewan yang di bawa oleh malaikat dari surga. Juga bisa di jadikan suatu teladan yang baik dari kisahnya habil dan kabil yang pada saat itu nabi adam mendapatkan perintah dari allah agar kedua anaknya tersebut berqurban dari hasil tani dan ternaknya.

Lalu kedua anaknya pun segera melaksanakan perintah tersebut, sabil melakukan qurban dengan hewan ternak yang terbaik dan semata-mata mencari rido allah, sedangkan qabil berqurban denga tidak ikhlas atau terpaksan dan dia berqurban dengan buah-buahan yang busuk. dan dari keduanya tersebut habil lah yang di terima allah swt.

Doa Menyembelih Memotong Hewan Quban Idul Adha Milik Sendiri Dan Untuk Orang Lain

Ketika seseorang akan melakukan ibadah menyembelih qurban di hari raya idul adha, hal yang harus di perhatikan yaitu memilih hewan ternak yang akan di qurbankan, baik itu dari usianyaa hingga kesehatannya dan usahakan memilik hewan yang terbaik, gemuk dan banyak dagingnya. Sedangkan hewan atau binatang yang boleh di jadika qurban yaitu domba, sapi, unta, kambing, serta waktu pelaksanaannya sebaiknya langsung setelah shalat ied idul adha selesai

Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Sendiri

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.


Doa Ketika Menyembelih Hewan Qurban Milik Orang Lain

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنْ فُلَانٍ

Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.


Kemudian ditambah lafadz doa dibawah ini

اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ

Artinya : Ya Allah, terimalah kurban dari fulan dan keluarga fulan," (dengan menyebut namanya)

فَكُلُواْ مِمَّا ذُكِرَ اسْمُ اللّهِ عَلَيْهِ إِن كُنتُمْ بِآيَاتِهِ مُؤْمِنِينَ

Artinya : Maka makanlah binatang-binatang (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayat-Nya. (QS. Al-An'am: 118)

وَلاَ تَأْكُلُواْ مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ

Artinya : Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. (QS. Al-An'am: 121)

Di antara syarat-syarat hewan yang akan di qurbankan yaitu yang akan di qurbankan haruslah binatang ternak yang halal bukan hasil mencuri dan berutang serta milik sendiri, Juga harus sudah sampai pada usia yang sebagai mana telah di tentukan dalam syariat islam seperti untuk unta sempurna telah mencapai umur lima tahun, sapi dua tahun, kambing 1 tahun dan domba enam bulan. Kesemua hewan tersebut haruslah terbebas dari cacat, buta, sakit yang jelas, sangat kurus dan yang lainnya.

Ulaan di atas yang membahas seputar doa qurban bisa di hafal serta amalkan pada waktunya, semoga apa yang di bahas ini bermanfaat bagi kita semua, silahkan pelajari semua hal yang berhubungan dengan doa menyembelih memotong hewan quban idul adha milik sendiri dan untuk orang lain ternak, aqiqah, sesuai sunnah, serah terima, tata cara, kambing, sapi, niat dan lain sebagainya.