Niat Puasa Sebelum Idul Adha Arafah Dan Tarwiyah Tanggal 8 Dan 9 Dzulhijjah

Niat Puasa Sebelum Idul Adha Arafah Dan Tarwiyah Tanggal 8 Dan 9 Dzulhijjah - Puasa pada bulan dzulhijjah sebelum tibanya hari raya idul adha atau qurban termasuk salah satu kesunnahan yang di unggulkan serta bagi siapa pun yang mengerjakannya akan di janjikan dengan pahala yang sangat melimpah, serta hal tersebut jarang terdapat pada ibadah sunat lainnya.

memang bulan dzulhijjah ini selain menyimpan sebuah sejarah penting bagi umat islam seperti peristiwa penyembelihannya nabi ismail oleh ayahnya nibiyulloh ibrahim yang meruapakan suatu bentuk ujian keimanan dan kesabarannya hingga melahirkan sebuah syariat di perintahnya qurban bagi umat muslim sekarang. Bahkan bertepatan dengan bulan ini juga banyak sekali hal-hal yang sangat besar jika kita amati secara dalam yang mana hal tersebut bisa di ambil maknanya untuk di jadikan sebuah pembelejaran yang bisa di amalkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan puasa tarwiyah dan arafah pun tidak leepas dari peristiwa ini.

Sementara keutamaan dari melaksanakan dua pusa sunnah ini yaitu seperti terdapat dalam beberapa hadis bahwasanya akan di hapusnya dosa- dosa selama setahun lalu dan yang akan datang, bahkan dengan banyaknya dalil yang menerangkan tentang kesuanahan ini, menjadi sangat di anjurkan bagi orang-orang islam untuk melaksanakannya.

Niat Puasa Sebelum Idul Adha Arafah Dan Tarwiyah Tanggal 8 Dan 9 Dzulhijjah

Nah maka dari itu mengingat di laksanakannya setahun sekali, tidak menutup kemungkinan jika ada di antara saudara semua yang lupa akan bacaan niat puasa arafah atau juga arafah sebelum idul adha hari raya qurban ini, Untuk itu silahkan di ingat-ingat dan di hafalkan kembali.

Niat Puasa Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shaumat tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya : Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma 'arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya : Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala


Niat Puasa Tanggal 1 Sampai 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma syahri dilhijati sunnatan lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Itulah di antaranya bacaan niat puasa idul adha yang bisa anda pelajari, Jika seandainya mampu maka alangkah baiknya jika puasa sunnah tersebut mulai di kerjakannya dari tangga 1 hingga tanggal 7 dan di sambung dengan tarwiyah dan arafah pada tgl 8 dan sembilannya.