Contoh Teks Khutbah Jum'at Tentang Fadhilah Bulan Rajab Singkat Padat 2017

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Khutbah Jum'at Tentang Fadhilah Bulan Rajab Singkat Padat 2017 - Dalam setahun terdapat 4 bulan haram atau mulia dalam pandangan agama islam salah satunya adalah bulan rajab. Jika menggali lebih jauh, banyak sekali peistiwa atau sejarah penting yang terjadi di bulan ini salah satu yang paling mashur yaitu isra' dan mi'raj-nya baginda rosul saw dari masjidil haram ke masjidil aqsa hingga ke sidratul muntaha.

Peristiwa isra' mi'rajnya nabi saw merupakan suatu peristiwa yang sangat istimewa, sebah kejadian yang susah di terima oleh akal dan pikiran kecuali dengan keimanan. Sebab jika menurut akal tidak mungkin secanggih apapun teknologi yang di gunakan bisa menempuh jarak sejauh itu hanya dalam waktu yang sangat singkat, namun ini terjadi pada nabi kekasihnya allah sehingga susuatu yang tidak mungkin pun bisa saja teradi.

Selain peristiwa berharga, di bulan rajab ini juga menjadi suatu saat yang sangat baik bagi umat muslim untuk memperbanyak amal kebaikan, mengerjakan berbagai kesunahan termasuk puasa yang di perintahkan. Di mana barang siapa bisa melaksanakan amalan-amalan kebajikan maka bagi dia pahala yang sangat melimpah. Maka dari itu alangkah baiknya apabila seorang khotib membawaan isi khutbahnya bersangkutan dengan hal ini termasuk fadilah bulan rajab agar umat islam yang mendengarkan termotifasi.

Contoh Teks Khutbah Jum'at Tentang Fadhilah Bulan Rajab Singkat Padat 2017

Untuk contoh khutbah jum'at bulan rajab bisa langsung di lihat di bawah ini, namun ini hanyalah referensi barang kali di antara saudara ada yang sedang membutuhkannya, namun sebelumnya mohon maaf apabila isi khutbahnya tidak memuaskan dan sesuai harapan, silahkan di tambah atau di rubah agar lebih baik lagi.

Khutbah 1

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِي اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ.
يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. أَمَّا بَعْدُ؛

Melalui mimbar jum'at yang penuh berkah ini, saya berwasiat kepada para jamaah jum'at sekalian khususnya pada diri saya sendiri marilah kita tingkatkan ketaqwaan kepada alah swt dengan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya, serta memperbanyak amalan sunnah dan meninggalkan yang makruh juga tidak berguna. Dengan begitu, mudah-mudahan kita tergolong orang-orang yang beruntung bahagia di dunia dan akhirat..amiiin.

Hadirin jamaah sahalat jum'at yang berbahagia

Di antara dua belas bulan dalam setahun, menurut pandangan islam ada empat bulan yang mulia yang lebih di kenal dengan asyhrurul hurum. Sebagaimana di sebutkan dalam firman allah swt
S.At-Taubat ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya : Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram, itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu (QS.AT-TAUBAT:36)

Di antara asyhrul hurum itu menurut hadist riwayat bukhari dan muslim dari abu bakrah adalah bulan rajab. Di antara bentuk engagungan itu di haramkan melakukan peperangan dan pertumpahan darah pada bulan-bulan tersebut.

Firman Allah swt.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحِلُّوا شَعَائِرَ اللَّهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَائِدَ وَلَا آمِّينَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنْ رَبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۚ وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوا ۚ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ أَنْ صَدُّوكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَنْ تَعْتَدُوا ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu melanggar syiar-syiar allah dan janganlah melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi baitullah sedang mereka mencari karunia dan keridhaan dari tuhannya.

Hadirin jamaah sahalat jum'at yang berbahagia

Secara harfiah lapadz rajab di ambil dari bentuk masdar at-tarjib yang berarti at-ta'zhiim (keagungan atau kemuliaan). Rajab di katakan pula sebagai bulan al-ashab (pencurahan) karena pada bulan itu rahmat allah di curahkan kepada orang-orang yang bertaubat, pancaran sinar di terimanya, amalan meluap pada bulan itu. Di sebut juga dengan bulan al-asham 9Yang tuli) karena pada bulan itu tidak terdengar suara peperangan. Ada juga yang mengatakan bahwa bulan rajab di namakan bulan tuli karena malaikat kiramal katibin (pencatat amal perbuatan manuasia) yang menulis segala amal-amal kebaikan dan kejahatan di semua bulan, pada bulan rajab malaikat itu menulis kebajikan-kebajikan tetapi tidak menuli keburukan-keburukan. Mereka itu tidak mendengar di bulan itu adanya keburukan yang perlu mereka catat.

Ada pula yang mengatakan bahwa rajab adalah nama sungai yang airnya lebih putih dari pada susu, lebih manis dari pada madu dan lebih dingin dari pada es. Tidak akan meminumnya kecuali orang yang berpuasa di bulan rajab. Nabi saw bersabda "pada malam mi'raj saya melihat sungai yang airnya lebih manis dari pada madu, lebih dingin daripada es, lebih wangi daripada misik, lalu saya bertanya kepada malaikat jibril, buat siapa ini ya jibril? jibril menjawab, bagi orang yang membaca shalawat kepadamu di bulan rajab.

Hadirin jamaah sahalat jum'at yang berbahagia

Nabi saw bersabda :

إِنَّ رَجَب شَهْرُ اللهِ، وَشَعْبَانَ شَهْرِيْ، وَرَمَضَانَ شَهْرَ أُمَّتِي

Inna rojaba sahrullohi wa sya'bana syahri wa romadhona syahru ummatii

Artinya : Bulan rajab adalah bulan allah, bulan sya'ban adalah bulanku sedangkan bulan ramadhan adalah bulan umatku.

Hadirin jamaah sahalat jum'at yang berbahagia

Dan pada bulan itu juga di sunnahkan berpuasa, sebagaimana dalam sebuah di terangkan yang di riwayatkan dari abu hurairah ra.

'ani-nabiyi saw, qoola, afdholus-sholaati ba'da-sholaatil maktubatis-sholatu fii jaufil lail. Wa afdholus-siyaami ba'da syahri romadhoona, siyaamu syahril-laahil muharrom

Artinya : Dari nabi saw beliau pernah bersabda, shalat yang paling utama setelah shalatwajib lima waktu adalah shalat sunnah tengah malam dan puasa yang paling utama setelah ramadhan adalah puasa pada bulan allah yang di muliakan

Hadirin jamaah sahalat jum'at yang berbahagia

Di riwayatkan dari abu bakar as-shiddiq ra. dia pernah berkata, apabila telah berlalu sepertiga malam dari bulan rajab pada jum'at pertama, tidaklah ada malaikat di langit dan di bumi melainkan semuanya berkumpul di ka'bah. Allah melihat mereka dan berfirman, wahai para malaikat ku apa yang kamu minta dan inginkan, mereka menjawab, wahai tuhan kami hajat kami adalah hendaklah kiranya engkau mengampuni orang yang berpuasa bulan rajab, allah berfirman, aku telah mengampuni mereka.

Demikianlah khutbah jum'at yang saya sampaikan mengenai bulan rajab, mudah-mudahan kita dapat meraih keutamaannya tersebut, amiiin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإيَّاكُمْ ِبمَا ِفيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذكْر ِالْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ

Itulah contoh teks khutbah jum'at tentang fadhilah bulan rajab singkat padat 2017 pendek, 1 lembar terbaru, semoga bisa menjadi sebuah pengetahuan bagi kita semua.