Kapan Puasa Bulan Rajab 2020 1441 H Jatuh Pada Tanggal Berapa Hari?

Kapan Puasa Bulan Rajab 2020 1441 H Jatuh Pada Tanggal Berapa Hari? - Awal bulan hijriah atau tanggal 1 dalam kalender islam, tidak sama dengan penanggalan yang umum di gunakan oleh masyarakat indonesia atau masehi, meskipun pada prinsifnya hitungan hari dan bulan tidak berbeda yaitu satu minggu tujuh hari dan setahun dua belas bulan. Yang menjadi perbedaannya di sebabkan perhitungan bulan hijriyah lebih sedikit, dalam 1 bulan penanggalannya antara 29 sampai 30 hari sedangkan dalam kalender masihi terdapat beberapa bulan yang memiliki jumlah sampai 31 hari.

Dengan demikian tidak heran apabila jatuhnya hari-hari tertentu dalam bulan hijriyah berbeda setiap tahunnya dengan penanggalan masehi, seperti contoh jika tahun lalu awal bulan rajab terdapat pada 8 maret sedangkan untuk tahun ini jatuh pada 25 februari. Bisa di bilang tahun ini lebih cepat di banding tahun sebelumnya bahkan terpaut hingga satu minggu lebih, begitu juga untuk jatuhnya hari raya seperti idul fitri dan idul adha serta awal bulan ramadhan.

Bagi umat islam khususnya, sangat penting untuk mengetahui perhitungan tanggal dalam tahun hijriyah karena sebagian besar amalan sunnah dan wajib seperti ibadah haji, puasa sunnah bulan rajab, idul fitri dan idul adha di tentukan dalam bulan hijriyah bukan oleh kalender nasional yang umum di gunakan masyarakat indonesia. Jika memang tidak memahami ilmu perhitungan hijriyah baik itu rukyatul hilal atau falak, setidaknya mempunyai kalender hijriyah yang di keluarkan oleh lembaga keagamaan indonesia.

Puasa Rajab Berapa Hari

Sekarang sudah paham kenapa memahami tanggal hijriyah sangat penting sekali karena selain sebagai waktu melaksanakan beberapa amalan khusus juga antara hijriyah dan masehi berbeda jaug penanggalannya. Selanjutnya mulai pada pokok pembahasan yaitu mengenai puasa rajab yang harus di lakukan kapan dan berapa hari. Banyak sekali uraian dari penjelasan para ulama berdasarkan dalil hadits nabi saw, bahwa rajab termasuk bulan mulia yang harus di isi dengan amalan sunnah, jika satu amalan seperti puasa di lakukan pada bulan ini maka akan memberikan manfaat pahala yang sangat luar biasa.

Kapan Puasa Bulan Rajab 2020 1441 H Jatuh Pada Tanggal Berapa Hari?

Namun setelah kami bertanya ke beberapa sumber terpercaya di antaranya para guru ternyata puasa rajab itu afdhalnya di kerjakan muali dari tanggal 1 hingga 10 rajab, mau 1 hari 2 hari, 3 hari dan seterusnya, namun katanya bisa juga sampai tanggal 27 bulan rajab. jadi kesimpulan dari berapa hari puasa rajab ini, tidak ada waktu khusus hari atau tanggalnya asal di kerjakan pada bulan rajab, serta lebih di utamakan dari tanggal satu hingga sepuluh,,wallahualam.

Puasa Rajab 2020 Jatuh Pada Tanggal

Jika puasa rajab di mulai dari tanggal awal bulan maka kapan 1 rajab jatuhnya jika pada bulan masehi, Setelah kami cari dari beberapa sumber termasuk kalender islam maka "TANGGAL 1 RAJAB 1441 H JATUH PADA HARI SELASA TANGGAL 25 FEBRUARI 2020". Jadi kesimpulannya dari hari Jum'at tanggal 8 tersebut kita sudah bisa memulai puasa karena sudah masuk bulan rajab.

Dengan adanya informasi yang berkaitan dengan puasa rajab 2020 jatuh pada tanggal berapa hari kalender jawa lengkap tahun, puasa sunnah, arab, bulan islam, hari raya idul fitri, bulan baik untuk menikah, berapa, brp, tgl, hadits shahi, manfaat, pengertian, pahala dan lain sebagainya, maka mudah-mudahan menjadi salah satu satu pendorong untuk senantiasa mengisi bulan mulia ini dengan puasa sunnah sebagai maa yang telah di tentukan.

Banyak sekali yang perlu di pahami seputar amalan dan juga keutamaan bulan rajab sehingga di termasuk sebagai bulan mulia dan di istimewakan di banding bulan lainnya. Sehingga jangan bersambung sampai di sini, jika ingin benar-benar memiliki pengetahuan luas tentang amalan-amalan dalam agama islam dan yang lainnya. Namun mohon maaf apabila pembahasan dari kami cukup terbatas, bisa kalian cari pada halaman lain yang masih berkaitan dengan hal ini.