-->

Puasa Nisfu Bulan Sya'ban 2020 1441 H Jatuh Pada Tanggal Berapa Hari ?

Puasa Nisfu Bulan Sya'ban 2020 1441 H Jatuh Pada Tanggal Berapa Hari ? - Kalender hijriyah yang berguna sebagai penentuan perjalanan waktu umat islam serta di jadikan pedoman untuk melaksanakan peribadahan seperti puasa pada bulan sya'ban, ternyata berbeda dengan penanggalan masehi yang di gunakan secara nasional oleh negara indonesia. Sehingga wajib bagi masyarakat muslim untuk memahami secara pasti tanggal hijriyah tersebut guna agar bisa melaksanakan praktik ibadah dengan tepat sesuai waktunya.

Ada dua jenis penanggalan yang sekarang ini di gunakan di negara indonesia, pertama adalah masehi atau kalender nasional dan yang kedua yaitu hijriyah yang di gunakan oleh umat islam khusus. Keduanya dalam penentuan tanggal tentu berbeda bahkan nama-nama bulannya pun begitu, karena perbedaan inilah tak sedikit dar umat islam yang sering menanyakan kapan di mulainya puasa nisfu sya'ban atau awal bulan sya'ban.

Mungkin jika semua pihak secara serentak mengeluarkan kalender di sertai dengan penanggalan hijriyah, hal seperti di atas tidak perlu terjadi, namun masalahnya hanya pihak tertentulah yang bisa memenuhi mengeluarkan semua itu. Tetapi meskipun begitu kita harus sadar bahwa sebagai warga negara yang baik akan selalu menghormati yang lainnya karena di negara ini di huni bukan hanya oleh agama islam saja.

Puasa Bulan Sya'ban Jatuh Pada Tanggal Berapa

Seperti kita tahu antara tanggal pada kelender hijriyah dan masehi terjadi perbedaan penetapan tanggal misalnya yang satu sudah tanggal 20 tapi yang satunya lagi masih tanggal 15 atau sebaliknya. Sementara ibadah-ibadah khusus yang di laksanakan umat islam pada waktu tertentu harus mengikuti apa yang sudah di tetapkan dalam kalender hijriyah bukan pada masehi karena dulu jaman rosul hitungan hari di tetapkan berdasarkan perhitungan hijriyah.

Sya'ban adalah bulan yang terletak antara rajab dan ramadhan serta di dalamnya memiliki keunggulan lebih di banding yang lainnya, bahkan selain itu rosulnya sangat menyukai kedatangannya tentunya dengan selalu di isi oleh amalan-amalan kebajikan, baik berupa doa, hingga melaksanakan puasa. Maka kita pun sebagai umatnya hendaklah mengikuti amalan-amalan beliau dengan mengusahakan melaksanakan puasa tersebut, lalu kapan puasa sunah bulan saya'ban ini di kerjakan.

Puasa Nisfu Sya'ban 2020 1441 H Jatuh Pada Tanggal?

Apabila kita ihat pada kalender yang sudah beredar di masyarakat saat ini maka AWAL BULAN SYA'BAN 1441 H JATUH PADA HARI KAMIS 26 MARET 2020 dari awal bulan tersebut kita sudah bisa di mulai melaksanakan puasa sunah sya'ban, sementara MALAM NISFU SYA'BAN 2020 JATUH PADA BULAN APRIL TANGGAL 9 HARI KAMIS yang di maksud dengan nisfu sya'ban adalah pertengan dari bulan sya'ban atau tanggal 15 hijriyah di mana pada malam tersebut sering di jadikan sebagai waktu untuk memperbanyak berbagai amalan.

Salah satu yang menjadi alasan kenapa umat islam di anjurkan berpuasa di bulan sya'ban, padahal sebentar lagi datang ramadhan yaitu alasannya agar kita memiliki kesiapan diri dan melatih agar ketika nanti akan berhadapan dengan kewajiban sebulan penuh diri ini sudah siap karena sudah ada pemanasan terlebih dahulu, sehingg ketika ramadhan datang tidak begitu merasa susah atau berat sebab dari sebelumnya sudah biasa melaksanakan puasa.

Itulah sedikit dari pembahasan mengenai awal di mulainya bulan dan puasa nisfu sya'ban, meskipun hanya sepintas tetapi semoga saja menjadi informasi yang bisa membantu kita semua serta menadi sebuah pendorong pada diri masing-masing untuk menyambut bulan sya'ban ini dengan berpuasa. Untuk mengetahui lebih dalam lagi hal-hal yang berkaitan dengan sya'ban silahkan anda pelajari semua yang ada pada puasa nisfu sya'ban 2020 jatuh pada tanggal berapa, malam, bulan, tutup buku amalan, rajab, baik untuk menikah, kalender islam lengkap versi tahun hijriah & masehi, tgl dan lain sebagainya.