Awal Bulan Puasa Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Hasil Sidang Isbat

Advertisement
Advertisement
Kemenag adalah sebuah perangkat pemerintah yang tergabung dalam organisasi kenegaraan dengan peran sebagai pengatur dan pembimbing tentang permasalahan kenegaraan serta di pinpin oleh seorang menteri yang ahli di bidangnya. Segala urusan yang berhubungan dengan keagamaan berada di bawah pengawasannya termasuk juga menentukan sebuah perkara yang ada hubungannya dengan keagamaan seperti salah satunya dalam menentukan awal bulan ramadhan.

Ramadhan adalah salah satu bulan yang berada pada tahun hijriyah serta menjadi penanggalan bagi seluruh umat islam di dunia tak terkecuali indonesia yang mana penanggalan ini sudah ada jauh sejak lama ketika zaman para sahabat nabi dan masih sah di gunakan umat muslim hingga sekarang. Dalam menentukan waktu-waktu ibadah seperti halnya puasa maka agama islam akan berpadu pada tahun hijriyah ini bukan masehi sebab ini adalah penanggalan dari zaman rosul.

Sebenarnya setiap tahun, kalender hijriah pasti beredar luas sehingga masyarakat bisa mengetahui kapan awal dari suatu bulan, namun kendati demikian ketika akan menentukan awal bulan ramadhan ramadhan sebagian mayoritas islam akan langsung melakukan penelitian dan penghitungan awal ramadhan di mulai, biasanya ini di kerjakan langsung oleh para ahli dari kementrian agama sebagai mana juga di lakukan ketika akan menentukan jadwal imsak hari ini untuk setiap daerahnya.

Ketika menjelang bulan ramadhan datang, pihak kemenag akan membentuk sebuah tim yang beranggotakan para ahli kemudian nantinya tim tersebut di sebarkan kebeberapa titik yang telah di tentukan guna untuk mementau hilal. Setelah itu kemudian kementrian agama akan melakukan sidang isbat yang hadiri oleh pihak-pihak ketua organisasi islam guna menyampaikan dan mendengarkan dari hasil tim pemantau hilal tadi serta mendengarkan pemaparan dari ahli hisab serta ahli astronomi.

Awal Bulan Puasa Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Hasil Sidang Isbat

Namun apabila teryata hilal tersebut tidak bisa di lihat atau tidak nampak di kerenakan ada beberapa faktor seperti cuaca yang mendung, hujan dan semisalnya maka awal bulan ramadjan di tentukan dengan cara menyempurnakan bulan sya'ban menjadi 30 hari. Tentu hal ini bukan pendapat yang di hasilkan dari logi saja namun ketentuan ini tertera dalam hadits dan dalil-dalil shahih seperti bunyinya yaitu

صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته، فإن غبي عليكم فأآملوا عدة شعبان ثلاثين

Dari Abu Hurairah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: berpuasalah jika telah melihat hilal dan berhari rayalah bila telah melihat hilal, apabila terhalang oleh mendung maka sempurnakanlah bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari”. (HR Bukhari dan Muslim).

Puasa Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal?

Jika dari kalender hijriyah yang telah di tentukan serta sudah tersebar di masyarakat maka AWAL BULAN RAMADHAN 2017 JATUH PADA TANGGAL 27 MEI HARI SABTU. Namun di karenakan dalam sebuah hadits di terangkan bahwa seperti di atas yaitu harus terlihat dulu hilal atau di sempurnakan bulan sya'ban menjadi 30 hari, maka dalam hal ini masyarakat tetap harus sabar menunggu hasil dari sidang isbat yang akan di lakukan oleh pihak kemenag.

Karena sekarang media informasi sudah di miliki setiap perorangan baik itu kategori televisinya, gadget, dan jenis lainnya maka ketika sidang isbat tersebut sedang di lakukan maka kita mendengarkannya hingga akhir lewat media tersebut. Agar nanti bisa langsung tahu kapan puasa ramadhan di mulai.

Itulah kiranya pembahasan tentang puasa ramadhan 2017 jatuh pada tanggal serta hal-hal lainnya, semoga sedikit dari informasi ini bisa memberikan manfaat besar untuk kita semua dan jangan lupa pelajari semua yang berhubungan dengan awal bulan puasa ramadhan 2017 jatuh pada tanggal berapa? hasil sidang isbat tahun, 1, jadwal, jadwal, hari raya idul fitr dan yang lainnya.