Doa Iftitah Latin Allahumma Baid Baini Pendek Yang Benar Dalam Sholat

Doa iftitah adalah sebuah bacaan yang berada pada shalat fardhu atau sunnah di awal rakaat pertama sesudah takbiratul ihram dan sebelum membaca ta'awudz surat fatihah. Di karenakan pembacaan dari doa ini hukumnya sunnah maka jika tertinggal atau lupa tidak di bacakan maka tidak sampai membatalkan shalat tersebut, dalam arti tetap sah.

Terdapat beberapa ketentuan-ketentuan dari kesunahan membaca doa iftitah seperti sunnah hukumnya membaca iftitah jika, pertama tidak khawatirnya habis waktu shalat, kedua Bukan pada shalat jenazah atau ghaib, tiga bagi makmum tidak khawatir habisnya waktu untuk membaca fatihah, ke empat tidak terlanjur membaca surat fatihah, ke lima masih mendapati imam sedang berdiri dan lain sebagainya yang tentunya berbeda dengan doa qunut atau bacaan doa lainnya.

Sedangkan apabila ketentuan di atas tidak ada maka di sunnahkan hukumnya bagi yang melaksanakan sholat baik fardhu atau sunnah untuk membaca doa iftitah, serta perlu di ingat bahwa doa ini hanya di bacakan pada rakaat pertama saja. Lalu bagaimana jika seorang makmum masbuk sholat, atau mendapati imam sudah melakukan tahiyat akhir, dalam hal ini jika makmum tersebut setelah takbirotul ihram langsung duduk mengikuti imam, lalu dia berdiri setelah imam salam, maka makmum tersebut boleh membaca iftitah tetapi tidak mendapat kesunahan, karena iftitah hanya terdapat setelah takbirotul ihram.

Doa Iftitah Latin Allahumma Baid Baini Pendek Yang Benar Dalam Sholat

Selain dari ketentuan-ketantuan pembacaan iftitah pada shalat, bacaan doa iftitah juga cukup bervariasai yang mana di kalangan masyarakat islam ada beberapa teks yang umum di bacakan di antanya yang kalimatnya pendek dan panjang. Nah maka dari itu sebaiknya fahami semua bacaannya agar bisa di amalkan nanti dengan baik dan benar, sementara untuk doa iftitah selengkapny sebaiknya langsung simak secara cermat di bawah ini.

Doa Iftitah 1

Doa Iftitah Latin Allahumma Baid Baini Pendek Yang Benar Dalam Sholat

Doa Iftitah 2

Doa Iftitah Latin Allahumma Baid Baini Pendek Yang Benar Dalam Sholat

Itulah pembahasan dari doa iftitah yang hanya sekilas, tetapi meskipun begitu mudah-mudahan dapat memberikan manfaat besar, terutama bagi orang-orang yang belum mengetahuinya. Agar lebih memahami tentang iftitah ini silahkan pelajari juga semua yang berkaitan dengan doa iftitah latin allahumma baid baini pendek yang benar dalam sholat, muhammadiyah, sesuai sunnah, i'tidal, tahiyat, mp3, nu dan lain sebagainya.