Awal 1 Dzulhijjah Dan Lebaran Idul Adha 2019 / 1440 H Jatuh Pada Hari Tanggal Berapa

Menetapkan jatuhnya tanggal hari raya idul adha yang secara langsung di tetapkan oleh pihak kemenag tidak di lakukan ketika menjelang idul adha datang tetapi sudah dari laksanakan sejak tanggal 1 dzulhijah dengan cara rukyatul hilal. Berbeda dengan saat akan menentukan jatuhnya idul fitri yang di laksanakan menjelang datangnya waktu tersebut. Tidak hanya kerena leberan idul adha berada pada tanggal 10 tetapi juga dengan sudah mengetahui awal bulan dzulhijah masyarakat bisa langsung melaksanakan puasa idul adha dan peribadahan lain serta mempersiapkan kurban.

Melihat dari kalender islam yang sudah beredar serta perhitungan hisab maka Tanggal 1 Dzulhijjah 1440 H Jatuh Pada Hari Jum'at 2 Agustus 2019, Maka untuk lebaran Idul Adha Tanggal 10 Dzulhijjah 1440 H Jatuh Pada hari Minggu 11 Agustus 2019. Tanggal ini kami ambil dari sumber kelender hijriyah dan hasil hisab Yang mudah-mudahan sama dengan penentuan yang di tetapkan oleh pihak kementrian agama pemerintah indonesia.

Sebanarnya metode penetapan awal tanggal bulan hijriyah di kenal dengan 2 cara yang sudah umum di lakukan oleh umat yaitu rukyatul hilal atau dengan cara melihat nampaknya hilal dan dengan cara hisab yaitu perhitungan. Sedangkan yang di jadikan pegangan oleh pemerintah indonesia adalah metode rukyatul hilal, meskipun hanya memakai hilal bukan berarti hisab di larang di gunakan sebab tetap sah untuk di gunakan.

Awal 1 Dzulhijjah Dan Lebaran Idul Adha 2019 / 1440 H Jatuh Pada Hari Tanggal Berapa

Untuk menentukan tanggal tahun hijriyah tidak sembarang orang bisa melakukan hal ini, karena harus di sertai dengan keilmuannya yang sudah mempeni baik itu yang berkaitan dengan hilal atau hisab, sehingga yang melakukan hal ini rata-rata kebanyakannya di kerjakan oleh kalangan kiyai atau para santri yang sudah mengaji dan memiliki ilmu hal tersebut serta berpengalaman. Begitu juga pemerintah ketika akan menjatuhkan tanggal hijriah, terlebih dahulu mereka akan menghimpun para ahli dari berbagai kalangan serta ormas-ormas islam kemudian di bentuk sebuah tim untuk di berikan tugas melihat hilal di berbagai titik.

Dengan adanya 2 ketetapan dalam menentukan awal bulan hijriyah, maka jangan heran apabila terkadang hari raya pun jatuhnya berbeda, seperti misalnya yang terjadi beberapa waktu kebelakang yaitu perhitungan hisab dan hasil rukyatul hilal dari kemenag berbeda. Tetapi perbedaan ini tidak harus di jadikan persoalan sebab keduanya bersumber pada ilmu yang sudah di akui dalam agama islam yang sudah tidak perlu lagi di perdebatkan.

Jika harus memilih, mana sebaiknya yang di ikuti? jawabannya maka bagi mereka yang tidak tahu cara menentukan kedua cara penentuan tanggal karena awam dalam keilmuan, maka sebaiknya ikuti pihak pemerintah atau kiayai di tempat masing-masing, meski memang ada sebagian yang mengatakan bahwa rukyatul hilal lebih di unggulkan. Semoga saja adanya tulisan ini menjadi pengetahuan bagi kalian masing-masing agar bisa lebih siap untuk menjalankan peribadahan pada bulan dzulhijjah ini.

Mari sama-sama jadikan bulan dzulhijjah dan hari raya idul adha 2019 ini sebagai momen terbaik demi meningkatkan seg ala jenis peribadahan terutama puasa sunnah dan melaksanakan ibadah qurban. Untuk mengetahui semua amalan yang harus di kerjakan pada idul adha silahkan kalian pelajari lagi semua yang masih berkaitan dengan awal 1 dzulhijjah dan lebaran idul adha 2019 / 1440 H jatuh pada hari tanggal berapa dan lain sebagainya.