Dalil Manfaat Keutamaan Pengertian Puasa Asyura Dan Tasu'a 2018

Pengertian puasa asyura dan tasu'a adalah ibadah sunnah tahunan yang di kerjakan pada bulan muharram tanggal 9 dan 10 sedangkan untuk nama Asyura sendiri berasal dari bahasa arab yang memiliki arti sepuluh sedangkan tasu'a sama dari bahasa arab artinya sembilan. Kedua puasa ini memiliki hukum sunnah yang di anjurkan pelaksanaannya sebab di dalam nya menyimpan keutamaan dan manfaat yang cukup tinggi sehingga akan sayang apabila di tinggalkan begitu saja.

Memang apabila melihat dari sisi keutamaan atau manfaat, setiap masing puasa sunnah yang telah di syariatkan dalam agama islam, tentu memiliki keunggulan tersendiri, tatapi puasa muharram ini bisa di katakan lebih istimewa sebab tidak hanya berada di bulan yang menjadi awal tahun baru tetapi juga berada di bulan yang muliakan oleh allah swt. Dengan begitu akan sangat lebih utama apabila muharram di isi dengan amalan sunnah.

Jika berbicara tentang puasa asyura dan juga tasu'a tentu tidak akan lepas dari sebuah kisan yang berhubungan dengan kaum quraisy, di mana nabi muhammad saw di suatu ketika sampai di madinah, melihat kaum tersebut sedang melaksanakan puasa, lantas nabi pun bertanya kepada mereka tentang puasa tersebut, lalu mereka menjawab bahwa sekarang adalah hari baik dimana junjunan kami musa berpuasa pada hari ini sebagai tanda sukur karena di selamatkan dari kejaran musuh maka kami pun berpuasa.

Dalil Manfaat Keutamaan Pengertian Puasa Asyura Dan Tasu'a

Lalu kemudian nabi muhammad saw menegaskan bahwa kami lebih berhak untuk itu, lantas beliau pun berpuasa pada tanggal 10 tersebut atau di sebut dengan asyura. Namun umat islam di madinah berperotes terhadap hal tersebut karena menyamai dengan puasanya kaum yahudi, dan setelah itu nabi pun menegaskan bahwasanya kami di tahun depan akan berpuasa juga tanggal 9 nya. Tetapi belum juga sampai di tahun depan , beliau baginda nabi sudah wafat.

Ceperti yang cukup populer di atas bukan lah sebuah sejarah turun temurun yang tidak di ketahui sembernya, tetapi semua itu terdapat dalam beberapa hadits shahih yang di taerangkan langsung oleh para ulama dalam kitab-kitabnya. Sedangkan adapun mengenai dalil tentang di perintahnya puasa tasu'a dan asyura tanggal 9 dan 10 muharram, terdapat dalam salah satu hadits yang di riwayatkan oleh imam ahmad yang bunyinya sebagai berikut.

صوموا يوم عاشوراء وخالفوا فيه اليهود وصوموا قبله يوما أو بعده يوما

Artinya : Puasalah kalian pada hari asyura dan berbedalah dengan kaum yahudi Lakukan puasa dari satu hari sebelumnya sampai satu hari sesudahnya.

Sedangkan mengenai yang berhubungan dengan keutamaan atau manfaat dari puasa asyura dan tasua di bulan muharram, terdapat dalam beberapa keterangan dalil berbentuk hadits nabi yang mana beberapa dari salah satunya pertama di riwayatkan oleh imam musli, sebagaimana artinya "Aku tidak pernah mendapati Rasulullah SAW menjaga puasa suatu hari karena keutamaannya dibandingkan hari-hari yang lain kecuali hari ini yaitu hari ‘Asyura dan bulan ini yaitu bulan Ramadhan.

Sampai disini dulu pembahasan yang berkaitan dengan puasa asyura dan hal lainnya. Sebenarnya jika ingin mengupas keseluruhan dari puasa sunnah ini, akan membutuhkan waktu yang cukup lama serta harus menyediakan lapak cukup banyak. Sehingga keterbatasan waktu, hanya itu saja yang bisa kami berikan, mudah-mudahan bisa menambah sedikit pengetahuan dari puasa sunnah. Silahkan cari lagi semua informasi yang berhubungan dengan dalil manfaat keutamaan pengertian puasa asyura dan tasu'a 2018 niat jatuh pada tanggal arafah di laksanakan tanggal wajib dan lain sebagainya.