Bacaan Shalawat Nabi Lengkap Kumpulan Macam-Macam Tulisan Arab

Membaca shalawat adalah sebuah amalan yang senantiasa harus di rutinkan setiap hari bahkan apabila memungkinkan di lakukan setiap saat sesering mungkin. Karena sudah di yakini bahwa dengan mengamalkan shalawat akan mendapatkan banyak sekali keutamaan dan keitimewaan baik itu bisa di rasakan langsung semasa hidup di dunia atau nanti di akhirat. Bahkan bisa di katakan bacaan sholawat ini merupakan jati diri orang muslim sesungguhnya.

Amalan ini sangat baik untuk dibacakan setiap saat terutama pada waktu-waktu tertentu misalnya setelah sholat wajib 5 waktu atau setelah shalat sunnah misal satunya shalat istikharah dan yang lainnya. Tetapi di samping itu juga seperti yang di katakan pada awal paraghraf bahwa shalawat ini lebih baik jika pengamalannya setiap saat baik itu sedang duduk santai atau ketika akan mau tidur misalnya dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari pada umumnya, maka kita akan sering menemukan atau mendengar macam macam bacaan shalawat yang rutin di amalkan oleh masyarakat baik itu bernama shalawat badar atau nariyah dan sejenisnya. Kesemuanya tersebut sebenarnya sama-sama memiliki isi shalawat kepada nabi, nemun dari segi penulisan kalimat sedikit berbeda, sehingga dengan begitu antara shalawat yang satu dengan yang lainnya baik untuk di amalkan.

Bacaan Shalawat Nabi Lengkap Kumpulan Macam-Macam Tulisan Arab

Menurut pemaparan beberapa orang, bahwa di antara keunggulan rutin mengamalkan shalawat nabi yaitu bisa memberikan ketenangan hidup, bahkan ketika hati dan pikiran rumit sekali pun dengan mengamalkan ini hati tersa lebih tenang. Meski memang kenyataan hakikatnya tidak hanya sebatas di situ saja akan tetapi shalawat ini merupakan perintah yang di anjurkan oleh allah dan rasulnya sebagaimana pernyataan dalam beberapa dalil shahih.

Dalam salam satu ayat al-qur'an surat QS Al-Ahzab 33: 56 di jelaskan yang artinya bahwa "Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya". Ayat ini secara terang memaparkan kepada kita bahwasanya shalwat kepada nabi ini di anjurkan untuk senantiasa di amalkan oleh setiap orang mukmin dalam hidup nya, apa tujuam dan manfaat yang bisa di dapat, di lanjut lagi dengan salah satu keterangan yang berbunyi.

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ

Barangsiapa berdoa (menulis) shalawat kepadaku dalam sebuah buku maka para malaikat selalu memohonkan ampun kepada Allah pada orang itu selama namaku masih tertulis dalam buku itu.

Selain penjelasan di atas masih banyak lagi keutamaan keutamaan dari bacaan shalwat kepada nabi yang tentu pasti bisa di dapat oleh orang yang dengan ikhlas bisa mengamalkannya dengan baik. Bahkan yang lebih menarik lagi ada salah satu dalil yang menerangkan seperti ini "Mereka yang berkumpul (di suatu majlis) lalu berpisah dengan tanpa dzikir kepada Allah dan membaca shalawat kepada nabi, maka mereka seperti membawa sesuatu yang lebih buruk dari bangkai".

Dari kumpulan bacaan shalawat nabi muhammad saw secara lengkap sebenarnya sangat pendek sekali bahkan anak kecil yang baru belajar bicarapun yanki akan sangat mudah menghafalnya. Akan tetapi tidak bisa di pungkiri bahwa dalam pengamalan seakan-akan berat sekali untuk di dawamkan, dan ini pasti juga di rasakan oleh banyak orang, bahwa kadang tidak ingat untuk mengamalkan bacaan shalawat ini, nah untuk mengingatkan bagaimana kalimat lengkapnya langsung saja lihat di bawah ini.

Bacaan Shalawat Nabi

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Allahumma Shalli 'alaa Muhammadin wa 'ala aali muhammad

Atinya : Ya allah berilah sholawat kepada muhammad dan keluarganya

Cuma beberapa lafadz saja dari bacaan shalawat nabi sudah cukup, tetapi jika memang ingin yang lebih panjang maka bisa mencarinya lagi kumpulan dari macam-macam tulisan shalawat nabi dengan lengkap baik itu yang memiliki nama shalawat nariyah, badar, fatih, ibrahimiyah dan lain sebagainya. Tetapi menurut kami alangkah baiknya jika yang pendekpun selalu di amalkan sebab buat apa mencari yang lebih jika yang sedikit lebih baik pun tidak bisa mengamalkannya, maka dari sekarang mari sama-sama untuk senantiasa mengamalkan bacaan ini dengan rutin agar nanti mendapat syafaat dari beliau nabi saw.