Doa Akhir Dan Awal Tahun 2017, 2018 Hijriyah Masehi Latin Indonesia

Akhir Tahun Dan awal bulan baru akan segera tiba, dimana datangnya tanggal 1 januari selalu di jadikan sebagai waktu untuk mnecurahkan segala keluh kesah, serta harapan-harapan dan doa terbaik untuk masa depan. Namun harus senantiasa di pahami bahwa tahun baru masehi ini bukanlah milik umat muslim pada hakikatnya, sebab bagi islam hanya 1 penangglan yaitu hijriyah, yang di awali oleh muharram dan di akhiri dengan dzulhijjah, sehingga sebaiknya jangan terlalu terbawa emosi dalam menyambut tahun baru masehi ini.

Akan tetapi bukan berarti tidak boleh memakai penanggalan masehi, sebab bagaimana pun penanggalan masehi ini sudah menjadi ketetapan pemerintah indonesia yang harus dan wajib untuk di pakai serta di taati oleh seluruh warganya baik dari kalangan islam atau non islam sebab apabila tidak, berarti menolak dan melawan keputusan yang sudah menjadi ketentuan pemerintahan. Tetapi alangah baiknya jika untuk keluarga muslim menyambut tahun baru ini di isi dengan hal-hal bermanfaat misalnya membacakan doa akhir dan awal tahun atau hal baik lainnya.

Harus diakui atau tidak bahwa sebagian besar masyarakat banyaknya yang memanfaatkan tahun baru untuk memupuk berbagai harapan dan cita-cita di mana ingin di tahun depan agar lebih sukses lagi dalam berbagai hal dan kehidupan. Pernyataan ini terbukti dari banyaknya terlihat orang-orang yang mencurahkan isi hatinya lewat status media sosial baik itu facebook dan mesisalnya, di mana mereka menulis harapan-harafan serta doa agar sukses dan lebih baik lagi di tahun baru yang akan datang, mungkin bagi orang yang sering update di medsos akan tahu tentang aktivitas ini.

Doa Akhir Dan Awal Tahun Baru Hijriyah Masehi Latin Indonesia

Perlu di ketahui kiranya bahwa segala harapan atau keinginan tidak akan bisa terselesaikan hanya dengan membuat status atau mencurahkan di medsos, sebab ada sarana yang lebih tepat untuk mengadukan hal tersebut salah satunya yaitu dengan berdoa kepada allah swt sang maha pemilik segalanya. Karena yakin apabila seseorang memiliki keinginan lalu dia berdoa dengan khusu dan sungguh-sungguh maka harapan tersebut akan terpenuhi dalam arti di kabulkan dengan yang terbaik, begitu juga untuk harapan-harapan pada tahun baru maka dengan membaca doa juga.

Kalimat dari bacaan doa awal dan akhir tahun yang mayoritas masyarakat sudah umum di amalkan, memang terdapat beberapa jenis namun pada tulisan ini akan coba kami sajikan bacaan yang kami ambil dari salah satu situs terpercaya yaitu NU Online merupakan website resmi nahdlatul ulama. Bagi yang memang belum hafal bagaimana bacaannya maka silahkan untuk di pahami dengan baik atau simpan pada perangkat masing-masing agar bisa di amalkan pada waktunya, berikut adalah bacaan selengkapnya.

Doa Akhir Tahun

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allohumma ma ‘amiltu min ‘amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘ala ‘uqubati, wa da‘autani ilat taubati min ba‘di jarâ’ati ‘ala ma‘shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma ‘amiltu fîha mimma tardha, wa wa‘attani ‘alaihits tsawaba, fa’as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha‘ raja’î minka ya karim.

Artinya : Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

Doa Awal Tahun

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qad'mul awwal. Wa 'ala fadhlikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal. Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya : Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan, Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini, Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Memang jika cuma di lihat saja maka akan nampak doa awal dan akhir tahun ini cukup panjang, akan tetapi apabila di hafal dengan serius maka akan terasa mudah dan pendek. Dengan begitu silahkan baca berulang kali agar lebih mudah memahaminya, apabila perlu pahami juga arab latin arti dan indoseianya. Website ini merupakan kumpulan dari doa-doa, maka apabila membutuhkan amalan lain seperti doa nurbuat maka silahkan langsung cari artikel pada halaman lain, insyaallah akan langsung di temukan apa yang di cari.