Doa Bacaan Tahiyat Awal Dan Akhir Tasyahud Sebelum Salam Latin Dan Artinya

Doa tahiyat adalah salah satu dari rangkaian bacaan sholat yang harus di pahami oleh setiap umat muslim apabila ingin sholatnya tersebut bernilai sempurna, bahkan tahiyat sendiri di dalam sholat menjadi rukun yang harus di penuhi oleh orang yang sedang mengerjakan ibadah wajib 5 waktu tersebut atau sunnahnya. Inilah salah satu pendorong kami untuk mencoba memberikan sebuah tulisan mengenai bacaan tahiyat awal dan akhir sebelum salam, agar orang yang beum paham bisa menghafalnya.

Sebelum membahas pada bacaan kedua doa dari tahiyat awal dan akhir, alangkah baiknya jika mngenal dulu pembahasan yang berkaitan dengan kedua hal tersebut. Perlu sedikit di pahami bahwa untuk tahiyat awal hanya berada pada sholat selain 2 rakaat misalnya pada sholat wajib 5 waktu berada pada waktu maghrib, dhuhur, ashar dan isya terdapat pada tiap rakaat kedua. Sedangkan jika tahiyat akhir maka berada pada setiap sholat baik itu yang di wajibkan atau sunnah.

Lalu apakah ada perbedaan terkait kedua permasalahan di atas, antara tahiyat awal dan akhir terdapat perbedaan yang terletak pada segi bacaannya dan posisi duduk dari kedua tahiyat tersebut di mana apabila untuk tasyahud awal posisi duduk di naman duduk iftirosy sedang tahiyat akhit di namakan duduk tawarruk. Untuk mengetahui hal tersebut mari simak sama-sama di bawah ini.


1. Tahiyat Awal
Tahiyat awal adalah duduk pada tiap rakaat kedua sebelum berdiri untuk melakukan rakaat selanjutnya, dengan cara duduk iftirosy tata cara pelaksanaan dari duduk iftirosy ini yaitu menegakkan kaki kanan, bertumpu pada jari kaki, dan membentangkan kaki kiri untuk dijadikan tumpuan untuk duduk, sama seperti duduk ketika di antara dua sujud. Selama duduk tersebut di bacaakan doa tahiyat awal yang mana untuk bacaannya sebagai berikut.

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

2. Tahiyat Akhir

Untuk tahiyat akhir sendiri yaitu duduk di tiap akhir rakaat sebelum salam baik itu pada sholat wajib atau sunnah baik itu yang termasuk pada kategori sholat 2 rakaat 3 atau 4. Pada tahiyat akhir di sebut dengan duduk tawarruk dengan tata cara pelaksanaan yaitu posisi kaki kanan tegak kebelakang serta kaki kiri di dihamparkan ke arah kanan tepat di bawah punggung kaki kiri, dan posisi duduk langsung bertumpu pada lantai. Untuk bacaan doa tahiyat akhir memang lebih panjang namun jika memahami bacaan ini maka sudah pasti bacaan tahiyat awal juga bisa memahaminya, berikut tulisan bacaan lengkapnya
اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWAATUT TOYYIBAATULILLAAH ASSALAAMU’ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU ASSALAAMU’ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBAADIL-LAAHISH-SHOOLIHIINA. ASYHADU ANLAA ILAAHA IL-LALLOOH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH. ALLOOHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN. KAMAA SHOL-LAITA ‘ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA WABAARIK ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAAROKTA ‘ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN

Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau selawatkan ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim. Berkatilah ke atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau berkati ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim di dalam alam ini. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung

Bagi kalian yang belum paham maka silahkan hafal kdua bacaan tahiyat di atas dengan sungguh-sungguh agar bisa mengerjakan sholat dengan sempurna. Itu saja pembahasan kali mengenai bacaan doa tahiyat tasyahud awal dan akhir sebelum salam beserta artinya NU Muhammadiyah sesuai sunnah yang betul shahir dalam sholat dan lain sebagainya, mohon maaf apabila pembahasan di atas kurang begitu detail, semoga bermanfaat.