Kumpulan Contoh Materi Kultum SIngkat Ramadhan Pendek Terbaik Terbaru 2019

Kumpulan Contoh Materi Kultum SIngkat Ramadhan Pendek Terbaru 2019 - Kultum ramadhan adalah sebuah ceramah berisikan keagamaan dengan waktu penyampaian di batasi sangat singkat biasanya antara 7 hingga 10 menit saja. Shingga isi materi dalam kultum tidak mungkin di jelaskan secara detail mengingat waktunya tidaka akan cukup dan hanya mengambil pokok-pokok penting dari isi kultum tersebut. Biasanya Acara pidato seperti ini di lakukan orang indonesia ketika bulan ramadhan sesudah selesai sholat tarawih.

Jarang sekali para penceramah bisa menguraikan sebuah materi dengan jelas dalam waktu yang sangat singkat, sebab untuk menyampikan satu pokok ermasalahan agama saja haru menghaiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari jika seluruh yang berkaitan dengan pokok masalah tersebut ingin secara detail di sampaikan. Sehingga mereka yang ingin mengisi kultu harus memiliki keahlian dalam meringkas pokok pembahasan agar waktu singkat dapat dengan jelas di sampaikan.

Sebelum mengisi acara kultum, para penceramah harus terlebih dahulu menentukan materi apa saja yang akab di bahas kemudian ambil pokok dari pokok permasalahan tersebut. Tetapi alangkah baik jika materi berkaitan dengan keadaan dan waktu misalnya seperti 3 amalan utama sepuluh akhir bulan ramadhan atau yang berkaitan dengan doa buka puasa ramadhan jika kultum tersebut di lakukan pada bulan puasa atau yang berkaitan dengan tarawih dan hikmah puasa.

Kenapa pada saat ini kami mengambil tema atau judul amalan sepuluh akhir bulan ramadhan, karena pada saat tersebut akan datang salah satu malam paling istimewa yang tidak ada pada bulan lainnya yaitu lailatul qadar. Mala lailatul qadar ini termasuk salah satu malam agung yang banyak di tunggu-tunggu oleh semua umat islam, bahkan baginda nabi pun selalu menanti-nanti kedatangannya dengan selalu memperbanyak amalan sunnah di sepuluh akhir ramadhan.

Kultum SIngkat Ramadhan

Bahkan keutamaan sepuluh akhir bulan puasa ramadhan ini banyak juga di sampaikan oleh para ulama, dalam berbagai fatwanya mereka banyak membicarakan hal tersebut baik itu yang langsung tertulis dalam kitab karangannya atau melalui ceramah-ceramah yang di sampaikannya. Dengan begitu sangat tepat kiranya apabila kami mengambil tema kutum bulan ramadhan dengan judul amalan sepuluh akhir ramadhan agar waktu tersebut bisa di manfaatkan sebaik mungkin oleh semua umat islam di berbagai penjuru.

Contoh Materi Kultum Ramadhan

1. Memperbanyak Bacaan Qur'an

Membaca al-qur'an termasuk amalan paling baik kapan di manapun di lakukannya selain di tempat-tempat yang di larang seperti WC. Namun nyatanya sekarang ini di akui atau tidak hanya sebgian kecil umat islam yang bisa melakukan amalan membeca qur'an secara rutin tiap hari. Bagi kalian yang suka malas pada hari-hari lain usahakan pada bulan ramadhan ini mulai dari awal hingga sepuluh akhir ramadhan untuk memperbanyak bacaan qur'an atau dengan kata lain tadarusan.

2. I’tikaf

Memperbanyak i'tikaf di mesjib termasuk amalan sunnah yang sangat bagus untuk di lakukan bahkan selain di bulan ramadhan sekalipun. baginda rasul saw pun selalu meningkatkan amalan ibadah dengan cara beri’tikaf di masjid pada sepuluh akhir Ramadhan. Maka kita pun sebagai umatnya jangan hanya benyak bermain namun usahakan pada bulan ramadhan selalu berdiam diri beri'tikaf di dalam mesjid sambil melakukan amalan lainnya.

3. Memperbanyak Sedekah

Lebih memperbanyak sedekah serta mencukupi kebutuhan keluarga dan berbuat baik kepada saudara atau tetangga di sekitar sangat penting di lakukan pada bulan ramadhan jika memang apa yang di miliki harta lebih dari cukup dan ada lebihnya dari kebutuhan. Caranya bisa dengan memberi atau menyediakan makanan untuk berbuka puasa atau takjil meski hanya sekedar segelas air putih misalnya, lebih bagus lagi jika menyajikan lebih dari air putih.

Kami kira contoh materi dari kultum ramadhan di atas cukup untuk di jadikan sebagai referensi terbaik agar bisa di sampaikan kepada jamaah oleh orang yang sedang di beri tugas berceramah di bulan ramadhan. Atau bagi kalian yang membaca artikel ini meskipun bukan seorang penceramah alangkah baik jika tidak hanya membaca namun langsung di amalkan agar bermanfaat dan menjadi kebaikan.

Banyak sekali materi yang bisa di jadikan sebagai isi dari kultum singkat pada bulan ramadhan baik itu berkaitan langsung dengan kewajiban berpuasa atau amalan sunnah selama ramadhan. Materi di atas hanya sebagai contoh yang bisa di jadikan rokemdasi oleh kalian para penceramah dan silahkan cari serta pelajari lagi semua yang berhubungan dengan kumpulan contoh materi teks kultum sIngkat ramadhan pendek terbaik terbaru 2019 dan lain sebagainya.