-->

Tata Cara Niat Sholat Malam Nisfu Sya'ban Lengkap Doa Waktu Dan Hukum

Malam nisfu sya'ban selalu di anggap sebagai waktu yang tepat untuk meningkatkan amal kebaikan seperti sholat sunnah dengan tujuan mengharap ridha allah swt. Mengidupkan malam ini telah dari dahulu di contohkan oleh para ulama serta di ikuti para generasi sampai sekarang, bahkan selain sholat sunnah pada bulan sya'ban umat muslim juga terbiasa dengan berpuasa di awali dengan niat puasa nisfu sya'ban dengan anggapan selain sebagai kesunnahan juga demi mempersiapkan diri menyongsong ramadhan.

Salah satu amalan malam nisfu sya'ban yang memiliki kebaikan apabila di laksanakan adalah melaksanakan sholat sunnah, seholat sunnah nisfu sya'ban ini umum di lakukan baik secara sendiri atau berjamaah khusus, meski tidak dapat di pungkiri ada sebagian kelompok yang berpendapat amalan tersebut tidak pernah di ajarkan oleh baginda rasul saw sehingga kedudukannya bid'ah yang mereka anggap setiap bid'ah adalah kesesatan.

Sebagaimana ulama khalaf telah mewarisi para ulama salaf dalam menghidupkan malam nisfu sya'ban dengan mengerjakan sholat serta berpegang pada beberapa hadist hasan li ghairihi yang menjelaskan tentang hal tersebut di riwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam Sunan-nya. Lalu di kutif dalam salah satu penjelasan yang terdapat dalam kitab Majmuk Fatawa-nya, Ibnu Taimiyah bahwa banyak hadits serta atshar sehabat yang menyebutkan keutamaan sholat nisfu sya'aban juga golongan dari ulama salaf mereka melakukannya.

Tata Cara Niat Sholat Nisfu Sya'ban

Menghidupkan malam nisfu sya'ban dengan melaksanakan sholat sunnah kedudukan hukumnya tidak terlarang dan boleh di amalkan meski tidak dapat di pungkiri juga terdapat beberapa hadits dhaif yang menjelaskan keutamaannya, tetapi tidak perlu di permasalahkan sebab kedhaifannya tidak telalu parah. Terlebih lagi kedhaifan hadits tersebut menguatkan hadits dhaif lainnya untuk naik ke derajat hasan li ghairihi.

Tata Cara Sholat Nisfu Sya'ban

Niat Sholat Nifu sya'ban

اُصَلِّىْ سُنَّةً نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan nisfu sya'baana rak'ataini lillahi ta'ala

Artinya : Saya sholat sunnat Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala.

Atau

Niat Sholat Malam Nisfu Sya'ban

اُصَلِّىْ سُنَّةَ لَيْلَةِ نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnata lailati nisfu sya'baana rok'ataini lillahi ta'alaa

Artinya : Saya sholat sunnat malam Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala.

Waktu sholat nisfu sya'ban di kerjakan setelah sholat maghrib sebanyak 6 enam rakaat dengan masing-masing tiap dua rakaat satu kali salam. Pada tiap rakaat setelah membaca surat al-fatihah 1 kali di lanjut membaca surat al-ikhlas 6 kali, selanjutnya jika sholat sudah selesai di lanjut dengan membaca surat yasin sebanyak 3 kali lalu membaca doa malam nisfu sya'ban dan beroa memohon keberkahan dalam umur, kedua memhon agar di beri keberkahan dalam rezeki, dan ketiga memohon agar khusnul khatimah.

Namun selain sholat tersebut umat muslim juga mengamalkan tga jenis sholat sunnah pada malam nisfu sya'ban ini yaitu sholat sunnah taubat sebayak 4 rakaat, sholat hajat dan sholat taubat. Sebagau umat muslim yang baik tentu mereka akan selalu menghidupkan malam nisfu sya'ban dengan berbagai amal kebaikan termasuk tidak meninggalkan sholat sunnah yang sudah di ajarkan oleh para ulama terdahulu yang lebih memahami terhadap kedudukan ibadah tersebut, serta pasti kebaikan akan di dapatkan bagi siapa saja yang mengamalkannya.

Banyak sekali amalan khusus yang memang harus di pahami dengan baik agar bisa tanggapi dengan bijak apalagi yang berkaitan dengan bulan mulia atau sering di sebut juga dengan bulan haram. Maka dengan demikian harus di pelajari juga semua yang masih ada hubungannya dengan rangkaian urutan tata cara doa niat sholat nisfu sya'ban lengkap sendiri berjamaan dirumah hukum jadwal waktu dilakukan jam berapa setelah maghrib arab latin dan artinya agar bisa di kerjakan penuh keyakinan.