Surat Doa Ayat Seribu 1000 Dinar Latin Dan Artinya

Ayat seribu 1000 dinar adalah satu di antara amalan dari al-qur'an Ath-Thalaq ayat 2 dan 3 yang di percaya memiliki keutamaan sebagai pembuka gudang rezeki dari berbagai arah yang tidak di sangka-sangka, selain itu ayat ini juga memiliki rahasia yang katanya dapat menolak kesulitan dunia serta akhirat. Keyakinan tersebut senada dengan makna serta arti yang terkandung dari kedua ayat surat Ath-Thalaq tersebut.

Berbeda dengan doa qunut setiap sholat subuh dan setiap sholat ketika ada musibah dikalangan umat muslim, akan tetapi untuk ayat seribu dinar ini diamalkan setiap hari atau pada waktu tertentu dengan jumlah bacaan yang tertentu juga. Di amalkan secara dawam atau terus menerus setiap harinya, dengan harapan agar mendapat pertolongan allah swt dalam mencapai keinginan berupa keselamatan dunia dan akhirat, dimudahkan serta dibukakan pintu rezeki.

Tidak sedikit dari kalangan umat muslim yang mengamalkan ayat seribu 1000 dinar ini pada waktu dan bilangan tertentu meski pada dasarnya tidak pernah di contohkan nabi saw, bahkan ada sebagian golongan yang menyatakan bid'ah tentang hal tersebut. Namun sebagian ulama ada juga yang membolehkannya, perbedaan ini lahir dari berbedanya pemahaman dari makna dan definisi bid'ah itu sendiri, dan tidak perlu menjadi perdebatan.

Latin: wa may yattaqillāha yaj'al lahụ makhrajā. wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal 'alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja'alallāhu likulli syai`ing qadrā.

Artinya: Siapa saja yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan siapa saja yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah menentukan ukuran bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Ath-Thalaq : 2-3).

Lihat dan resapi arti dari ayat di atas, bahwa allah swt berjani akan mencukupi semua urusan dan jalan keluar serta memberikannya rezeki hanya kepada orang yang bertaqwa, arti taqwa yaitu menjalankan segala perintah dan menjauhi larangannya. Jadi syarat utama untuk mendapatkan manfaat atau fadilah dari pengamalan ayat seribu dinar ini adalah Taqwa.

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar

Cara Pertama

Baca ayat seribu dinar sebanyak 1000 kali sehari, baik dalam satu kali duduk atau setelah setiap sholat fardhu 5 waktu dengan masing-masing 200 kali bacaan jadi jumlah sama seribu. Amalkan dengan iklas karena allah sambil meresapi arti dan maknanya, lalu berdoa sesuai hajat. Cara ini lajim di lakukan oleh umat muslim dalam mengamalkan ayat seribu dinar.

Cara Kedua

 Berwudhu, memakai baju yang suci dimulai malam rabu membaca ayat seribu dinar setelah shalat maghrib sebanyak 124 kali dan setelah itu surat al-Qadr 4 kali kemudian sambil meniup dengan ke 4 arah: kanan, kiri, atas dan bawah. Ulangi cara seperti ini pada malam berikutnya yakni malam kamis dan malam jum’at dengan izin Allah akan terlihat kebaikan.

Syekh Haji Husain Qadriy Martapura menyebutkan: “Barang siapa yang membaca ayat seribu dinar selepas shalat lima waktu niscaya Allah murahkan rizqinya dan ia mendapat kemuliaan dunia akherat. Beliau menyebutkan dengan kaifiat:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا . وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Ayat tersebut dibaca tiga kali. Dan ditutup dengan ucapan:

يا مسبب الأسباب سبب

Ya Musabbibal Asbab, Sabbib (3 kali)
Wahai yang Maha menjadi penyebab segala sebab.

Pengamalan ayat seribu dinar hanya sebagai wailah dari tujuan mendapatkan ridha allah agar dengan mudah membukakan pintu rezeki dari arah yang tidak di sangka, allah swt maha menghendaki segala sesuatu yang dia inginkan. Segala doa pasti akan di kabul, namun tergantung dari bagaimana cara kita berdoa.

Itulah pembahasan mengenai ayat seribu dinar yang dapat kalian pelajari dan amalkan, semoga segala tujuan dadpat tercapai dengan cepat dan mudah terutama dalam hal rezeki, jangan lupa untuk dawam dan terus menerus berdoadengan ayat 1000 dinarini karena pasti suatu saat akan di dapatkan apa yang di inginkan dengan cara tidak pernah terbayangkan sebelumnya.