Doa Turun Hujan Arab Dan Artinya Sesuai Sunnah Lengkap

Doa Turun Hujan - Hujan dan kemarau adalah dua musim yang memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia serta keduanya saling melengkapi dan terus berganti. turunnya air hujan merupakan keberkahan, karena tumbuh-tumbuhan akan semakin subur serta kebutuhna air terpenuhi, tapi justru sebaliknya jika hujan treus menerus turun bisa menimbulkan bencana seperti banjir, longsor, dan datangnya berbagai penyakit, begitu juga sebaliknya dengan kemarau.

Namun semua kembali kepada ketentuan allah swt sebagai tuhan yang menentukan segala seuatu di bumi ini baik yang berkaitan dengan hukan atau kemarau, sebab segala hal telah di ajarkan olehnya serta oleh utusannya baginda nabi saw bagai mana cara menghadapi ketika datang musim tersebut, rasul mengajarkan cara dan bacaan sholat istikharah ketika datang kemarau panjang sebagai sarana untuk meminta turun hujan, begitu juga rasul mengajarkan bagaimana sikap dan doa ketika tunrun hujan.

Ketika datang musim hujan, keadaannya tidak ada yang bisa memprediksi dengan pasti apakah akan hujan lebat di sertai petir atau bersamaan dengan angin kencang serta berapa waktu lama akan berlangsung. hampir setiap orang ketika hujan turun dengan lebat memiliki rasa khawatir akan longsor, banjir atau merubuhkan bangunan dan pepohonan karena angin, keadaan ini lajim terjadi dan pasti ke khawatiran pernah di rasakan setiap orang dan menjadi bingung apa yang harus di lakukan.

doa turun hujan


Saat hujan turun di anjurkan untuk berdoa agar hujan tersebut menjadi keberkahan yang hakiki dan bisa memberikan manfaat bagi kehidupan, rasulullah saw mengajarkan sebuah doa ketika turun hujan yang bisa di amalkan oleh kita sebagai umatnya. Apapun yang pernah di ajarkan nabi selain sebagai sunnah jika di ikuti, juga bisa menjadi amalan yang benar untuk di lakukan, berikut doanya yang di ambil dari beberapa hadits.

Doa Turun Hujan

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi‘a.

Artinya: “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat".

Doa Ketika Melihat Awan Hitam (Mendung Tebal)

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا

Allahumma inni a’udzu bika min syarriha

ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini

Doa Turun Hujan Lebat Atau Deras Dan Takut Banjir



اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wa la ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wal jibali, waz zhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitis syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon".

Doa Minta Cepat Turun Hujan

اللَّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيثًا مَرِيئًا هَنِيئًا مَرِيعًا غَدَقًا مُجَلَّلًا عَامَّا طَبَقًا سَحًّا دَائِمًا

اللَّهُمَّ اسْقِنَا الْغَيْثَ وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ الْقَانِطِينَ

اللَّهُمَّ إِنَّ بِالْعِبَادِ وَالْبِلَادِ وَالْبَهَائِمِ وَالْخَلْقِ مِنَ الْبَلَاءِ وَالْجَهْدِ وَالضَّنْكِ مَا لَا نَشْكُو إِلَّا إِلَيْكَ

اللَّهُمَّ أَنْبِتْ لَنَا الزَّرْعَ وَأَدِرَّ لَنَا الضَّرْعَ وَاسْقِنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْسَمَاءِ وَأَنْبِتْ لَنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْأَرْضِ

اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الْجَهْدَ وَالْجُوعَ وَالْعُرْيَ وَاكْشِفْ عَنَّا الْبَلَاءَ مَا لَا يَكْشِفُهُ غَيْرُكَ

اللَّهُمَّ إِنَا نَسْتَغْفِرُكَ إِنَّكَ كُنْتَ غَفَّارًا فَأَرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْنَا مِدْرَارًا


Allahummasqina ghaitsan mughitsan hani’an mari‘an (lan riwayat muri‘an) ghadaqan mujallalan thabaqan sahhan da’iman.

Allahummasqinal ghaitsa, wa la taj‘alna minal qanithin.

Allahumma inna bil ‘ibadi wal biladi wal baha’imi wal khalqi minal bala’i wal juhdi wad dhanki ma la nasyku illa ilaika.

Allahumma anbit lanaz zar‘a, wa adirra lanad dhar‘a, wasqina min barakatis sama’i, wa anbit lana min barakatil ardhi.

Allahummarfa‘ ‘annal jahda wal ju‘a wal ‘ura, waksyif ‘annal bala’a ma la yaksyifuhu ghairuka.

Allahumma inna nastaghfiruka, innaka kunta ghaffara, fa arsilis sama’a ‘alaina midrara.

Artinya: “Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan yang menolong, mudah, menyuburkan, yang lebat, banyak, merata, menyeluruh, dan bermanfaat abadi.”

Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan. Jangan jadikan kami termasuk orang yang berputus harapan.

Ya Allah, sungguh banyak hamba, negeri, dan jenis hewan, dan segenap makhluk lainnya mengalami bencana, paceklik, dan kesempitan di mana kami tidak mengadu selain kepada-Mu.

Ya Allah, tumbuhkan tanaman kami, deraskan air susu ternak kami, turunkan pada kami air hujan karena berkah langit-Mu, dan tumbuhkan tanaman kami dari berkah bumi-Mu.

Ya Allah, angkat dari bahu kami kesusahan paceklik, kelaparan, ketandusan. Hilangkan dari kami bencana yang hanya dapat diatasi oleh-Mu.

Ya Allah, sungguh kami memohon ampun kepada-Mu, karena Kau adalah maha pengampun. Maka turunkan pada kami hujan deras dari langit-Mu".

Itulah sedikit pembelajar kali ini mengenai doa turun hujan lengkap yang bisa di amalkan oleh kalian semua. Insyaallah segala sesuatu yang terus menerus di amalkan akan memberi keberkahan baik untuk kita sendiri, keluarga atau masyarakat luas apalagi berdoa tersebut merupakab kebaikan yang di ajarkan baginda nabi dan menjadi amalan sunnah.

Doa di atas juga cukup lengkap termasuk ketika minta turun hujan cepat saat musim kemarau, semuanya harus dan penting untuk dihafalkan dengan baik, agar nanti tidak susah lagi ketika akan mengalamkannya. Itulah bacaan doa turun hujan tulisan bahasa arab dan artinya sesuai sunnah allahumma shoyyiban nafi'an lebat, petir, deras, angin dan lain sebagainya.